Pendidikan di Pedalaman Harus Merdeka Belajar

benuanta.co.id, BERAU – Sektor pendidikan di pedalaman Kabupaten Berau menjadi urusan wajib Dinas terkait untuk segera lakukan pengembangan dan perhatian agar mencerdaskan sumber daya manusia (SDM).

Hal itu disampaikan Anggota DPRD Kabupaten Berau terpilih daerah pemilihan (dapil) 2 Gunung Tabur, Teluk Bayur dan Segah yakni Rudi Parasian Mangunsong.

“Jadi sektor pendidikan itu urusan wajib yang dimana undang-undang jelas menyatakan sekian persen APBD diperuntukkan dinas pendidikan dari pesisir ke kota, dari kota ke pedalaman,” ucapnya, Rabu (23/10/2024).

Wakil rakyat yang telah duduk di kursi DPRD Berau lebih dari 5 periode tersebut menegaskan jarak kebutuhan pendidikan memang jauh namun realisasi harus maksimal kepada pelajar.

Baca Juga :  DPRD Berau Minta Pemda Perhatikan Pemukiman Padat Penduduk di Bantaran Sungai Kelay

“Dan kembalinya saya menjadi anggota DPRD pada periode kali ini. Saya komitmen akan mengontrol anggaran pendidikan secara khusus Dapil saya. Supaya pelajar kita daerah tertinggal dapat hak yang maksimal,” ungkapnya.

Rudi mencontohkan salah satu masalah setiap tahun yang terjadi pada dunia pendidikan yaitu penerimaan siswa-siswi baru setiap sekolah.

“Masalah setiap tahun di dunia pendidikan adalah penerimaan siswa-siswi baru. Selain masalah pakaian sekolah. Sekarang perjuang masuk sekolah terdekat serta kebijakan rekomendasi pun kian sulit karena harus sistem zonasi,” ujarnya.

Baca Juga :  DPRD Berau Harus Beri Perhatian 13 Kecamatan

Alhasil kader dari PDIP itu menilai ingin pemerintah daerah segera bantu sekolah yang di pedalaman minim ruang kelas harus ada tambahan unit baru.

“Baik itu sekolah baru, unit kelas bertambah harus dipertimbangkan pemerintah serta pengurusan administrasi harus dipermudah,” tuturnya.

Rudi menilai khusus sekolah SMP, dinas terkait harus memperhatikan benar-benar agar pelajar berpotensi tingkat lanjutan itu dapat pendidikan layak.

Baca Juga :  Frans Lewi Ingin Pembangunan Rumah Ibadah Tak Dipersulit Administrasi Lahan

“Begitu pun dinas terkait harus konsisten bantu komunikasi intens bersama Dinas terkait di provinsi mengenai para pelajar SMA-SMK baru pun harus dapat hak yang sama,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *