Cuaca Panas dan Angin Kencang Jadi Pemicu Karhutla

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Beberapa pekan terakhir kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terus terjadi di Kabupaten Bulungan.

Karhutla bahkan dilaporkan sudah merapat hingga ke pinggir jalan yang mana menimbulkan kekhawatiran bagi pengguna jalan maupun warga sekitar.

Karhutla ini paling banyak terjadi di Kecamatan Tanjung Palas Timur tepatnya daerah Tanah Kuning dan sekitarnya.

Cuaca panas yang mencapai 35 derajat celsius dan angin kencang diperkirakan menjadi salah satu faktor yang memicu terjadinya kebakaran hutan di wilayah tersebut.

Baca Juga :  40 Titik Panas Terdeteksi BMKG Tanjung Harapan, Ini Sebaran Wilayahnya

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulungan Rafidin, mengatakan pihaknya telah menurunkan timnya untuk mengendalikan karhutla yang terus meluas.

“Saat ini kami sudah di lokasi dan sedang melakukan pemadaman. Tim kami dibagi dua, satu bertugas di Desa Apung dan satu lagi di Desa Wonomulyo,” ucapnya, Senin (16/9/2024).

Ia menjelaskan bahwa BPBD Bulungan telah berupaya melakukan pengendalian kebakaran hutan dan lahan sejak beberapa pekan terakhir. Tim pengendalian masih terus bersiaga di beberapa titik rawan Karhutla, termasuk di wilayah Tanah Kuning, untuk mencegah terjadinya kebakaran susulan.

Baca Juga :  Warga di Tanjung Selor-Berau Dikagetkan Guncangan Gempa Bumi, Ini Kata BMKG Tanjung Harapan

“Pemadaman dilakukan bersama dengan Masyarakat Peduli Api (MPA), TNI, dan masyarakat setempat. Kami berharap tidak ada lagi kebakaran hutan yang terjadi, tapi tetap harus waspada,” tuturnya.

Hingga berita ini diturunkan, upaya pemadaman masih terus dilakukan oleh petugas. (*)

Reporter: Ikke

Editor: Yogi Wibawa

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Baca Juga :  40 Titik Panas Terdeteksi BMKG Tanjung Harapan, Ini Sebaran Wilayahnya
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *