Disperindagkop Kaltara Dorong Pelaku UMKM Nunukan Tingkatkan Olahan Rumput Laut

benuanta.co.id, NUNUKAN – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMK (Disperindagkop) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) meningkatkan pelatihan dari sebelumnya sehingga pelaku usaha di Kabupaten Nunukan menemukan inovasi baru dalam mengolah rumput laut menjadi makanan.

Sebanyak 25 pelaku usaha mengikuti pelatihan bimbingan teknis wirausaha baru industri kecil menengah olahan rumput laut di Kabupaten Nunukan, pada Selasa 10 hingga 12 September 2024.

Kabid Industri Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMK (Disperindagkop) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Hj. Rahmatia, menjelaskan bimbingan olahan rumput laut yang  dilaksanakan di Nunukan melihat potensi yang ada, karena melimpahnya rumput laut termasuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempuni. Ini adalah tindak lanjut pelatihan yang mereka berikan di bulan seblumnya.

Baca Juga :  Disperindagkop Kaltara Ajak Industri Kecil Menengah Mendaftar Sertifikat HKI

“Tahun kemarin kita sudah melaksanakan  pelatihan olahan rumput laut, tapi ini kita meningkatkan lagi dari hasil pelatiha yang sudah kita berikan sebelumnya. Kita harap ada inovasi baru,” kata Hj. Rahmatia.

Instruktur yang melatih atau memberikan bimbingan olahan rumput laut ini berbeda dari tahun sebelumnya, agar olahan rumput laut bisa beragam, bukan hanya dodol saja, tapi bisa membuat kue kering dan lainnya.

Baca Juga :  Lindungi Pelaku IKM, Kanwil Kemenkumham Kaltim Dampingi Pendaftaran Kekayaan Intelektual di Nunukan

Narasumber langsung didatangkan dari Kementerian Perindustrian Olahan Pangan Makasar, yang khusus mengolah bahan pangan.

“Kita berharap dengan adanya pelatihan ini pelaku UMKM yang konsen di olahan rumput laut terus berkreasi dan tingkatkan hasil produksi dan semakin berkualitas termasuk dikenal oleh masyarakat tidak hanya di Nunukan tapi  bisa luar wilayah Kabupaten,” harapnya.

Baca Juga :  Disperindagkop Kaltara Menilai Perputaran Uang Paling Cepat di UMKM 

Siswati, Peserta Pelatiha mengatakan, sebelumnya dia sudah pernah mengikuti pelatihan mengolah rumput laut, dibuat dodol.

“Ini kedua kalinya saya ikut pelatihan dan kita dibimbing cara menolah rumput laut jadi makanan,” terangnya. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Yogi Wibawa

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *