Pastikan Keamanan Jelang Pilkada, Kapolda Kaltara Kunjungi Pos Kamling di Tarakan

benuanta.co.id, TARAKAN – Guna memastikan situasi kamtibmas terkendali jelang Pilkada, Kapolda Kaltara, Irjen Pol Hary Sudwijanto mengunjungi beberapa pos kamling yang ada di Kota Tarakan pada Senin, 20 Agustus 2024, malam.

Ia menjelaskan, masalah keamanan adalah hal yang perlu diantisipasi menjelang Pilkada. Pihaknya pun juga telah menyiagakan Babinkamtibmas di masing-masing kelurahan yang ada di Tarakan.

“Tentu dengan kehadiran aparat kepolisian di tengah-tengah masyarakat dapat membantu permasalahan. Kalau ada masalah, di sini ada Pak Babinsa, ada pak Babhinkamitibmas yang bekerjasama bersama Pak Lurah bertugas untuk menyambung harapan masyarakat untuk sampai ke pimpinan TNI maupun pimpinan Polri juga ke pak Gubernur,” jelas Kapolda, Selasa (20/8/2024).

Baca Juga :  Gubernur Zainal Sudah Ajukan Cuti, Larang Manfaatkan Fasilitas Negara Selama Cuti

Pihaknya juga telah meminta agar Babinkamtibmas dapat pro aktif memberikan nomor handphone ke masyarakat, sehingga jika ditemukan permasalahan bisa langsung dilaporkan dan tidak menimbulkan kegaduhan.

Untuk selalu siaga menjaga situasi keamanan, Kapolda juga memberikan bantuan berupa senter dan jas hujan kepada masyarakat di pos kamling.

“Paling tidak, masyarakat memberikan informasi bisa melalui nomor yang telah di berikan oleh Babhinkamitibmas. Kita berupaya penegakan hukum adalah langkah yang paling terakhir,” sambungnya.

Baca Juga :  Gubernur Zainal Sudah Ajukan Cuti, Larang Manfaatkan Fasilitas Negara Selama Cuti

Jenderal bintang dua itu juga mengapresiasi masyarakat yang sadar dengan penegakkan hukum bagi pelanggaran pidana. Kapolda berharap agar masyarakat dapat bersinergi dengan unsur kepolisian terdekat untuk memberantas kejahatan.

“Kami berharap selama kami berdinas di Kalimantan Utara, agar silahturahmi seperti ini harus terus dilakukan agar menciptakan situasi dan kondisi yang baik,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu warga, Bismark Sanusi mengharapkan peran serta aparat penegak hukum dilingkungan masyarakat sangat penting. Sehingga terjalin komunikasi yang baik antar masyarakat ke penegak hukum.

“Selama ini masalah kerusuhan sudah tidak ada mengingat pengalaman di tahun 2010 di Kota Tarakan, dan kami berharap hal serupa tidak terulang kembali, karena dampak yang di timbulkan sangat merugikan masyarakat, dan peran. Kami sebagai warga ketika terjadi keributan kami akan segera melaporkan ke Pihak Kepolisian untuk ditindaklanjuti sehingga tidak terjadi kerusuhan yang berkelanjutan,” singkatnya. (*)

Baca Juga :  Gubernur Zainal Sudah Ajukan Cuti, Larang Manfaatkan Fasilitas Negara Selama Cuti

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
855 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *