Data Kunjungan Wisatawan, Dispar Kaltara Perkuat Kemitraan Dengan Beberapa Asosiasi

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Mengukur jumlah kunjungan wisatawan ke Kalimantan Utara (Kaltara) Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) perkuat kerja sama dengan mitra pariwisata yang ada dalam naungan Dispar Kaltara.

Adapun mitra yang dimaksudkan seperti Asosiasi Perhotelan dan Penginapan, asosiasi pengusaha transportasi seperti travel dan speed boat serta asosiasi pelaku UMKM.

Dijelaskan oleh Kepala Dispar Provinsi Kaltara, Njau Anau adanya kerja sama kemitraan ini bertujuan untuk menggali sebanyak mungkin informasi terkait kunjungan wisatawan baik yang domestik ataupun Internasional saat datang ke Provinsi Kaltara.

“Karena saat berkunjung ke Kaltara para wisatawan ini mayoritasnya pasti berhubungan dengan mitra-mitra ini, sehingga baik data dan kunjungan wisatawan juga bisa kita dapatkan melalui mitra-mitra ini,” kaya Njau Anau pada Sabtu, 27 Juli 2024.

Ia menambahkan salah satu penguatan kemitraan yang dilakukan oleh Dispar Kaltara dengan melibatkan para mitra dalam kegiatan-kegiatan Dispar Kaltara seperti Rapat Kordinasi (Rakor).

“Seperti kegiatan Rakor di Kabupaten Bulungan dan Kota Tarakan beberapa waktu yang lalu, kita selalu melibatkan para mitra Dispar untuk berpartisipasi,” jelasnya.

“Selain untuk data wisatawan, para mitra ini juga kita libatkan agar mereka bisa membantu kita dalam mempromosikan pariwisata Kaltara dan produk lokal Kaltara,” ujarnya.

Saat ini menurut Njau Anau, jumlah kunjungan wisatawan yang ada di Kaltara berjalan relatif stabil. Dimana kunjungan wisatawan baik yang Regional, Nasional dan Internasional berada diangka yang stagnan.

“Adapun peningkatan secara keseluruhan itu berjalan lamban artinya peningkatannya bertambah sedikit. Tapi kalau kita perkecil lagi disatu tempat destinasi wisata misalnya, itu justru mengalami peningkatan yang cukup pesat. Tapi hanya beberapa destinasi wisata saja yang mengalami itu dan hal itu terjadi karena faktor promosi dan lokasi atau fasilitas yang ada di destinasi wisata itu,” pungkasnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli 

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *