Konstruksi, Perdagangan dan Industri Penyumbang Pertumbuhan Ekonomi Kaltara

benuanta.co.id, TARAKAN – Lapangan usaha bidang konstruksi, perdagangan dan industri menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi Kalimantan Utara (Kaltara) pada tahun 2023 lalu.

Hal ini berdasarkan pertumbuhan ekonomi Prestasi, Dedikasi, Loyalitas dan Tidak Tercela (PDLT) Kaltara tahun 2023 yang mencatat pertumbuhan ekonomi tumbuh positif 4,94 persen.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kaltara, Wahyu Indra Sukma mengatakan, kinerja ekonomi sektor lalu terdapat sejumlah lapangan usaha di Kaltara yang tumbuh positif pada tahun 2023 dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca Juga :  Sidak Memastikan Ketersediaan dan Harga Bahan Pokok

“Meskipun sedikit melambat dari tahun 2022 tapi perlu kita syukuri pertumbuhannya cukup tinggi dan tetap positif,” ujarnya.

Ia menjelaskan pertumbuhan ekonomi tahun 2023 tetap terjaga karena didorong oleh kinerja perusahaan konstruksi, perdagangan dan industri sejalan dengan masifnya pembangunan di Kaltara senantiasa berakselerasi.

Disisi lain, masih ada lapangan usaha yang mengalami perlambatan setelah tumbuh signifikan pada periode sebelumnya yaitu sektor pertanian, pertambangan, perkebunan dan perikanan.

Baca Juga :  BBM dan LPG Diprediksi Alami Peningkatan Permintaan saat Idul Adha

Dikatakan Wahyu, hal ini tidak lepas dari peran sektor fiskal serta Solvent dalam menjaga momentum pertumbuhan melalui realisasi pembangunan infrastruktur. Selain itu, digitalisasi dan transaksi juga turut berkontribusi menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kaltara sebanyak 20 persen selama tahun 2023.

“Pencapaian yang baik ini mendorong ekspektasi masyarakat dan menjaga konsumsi. Disisi lain sinergi menjaga stabilitas harga harga membuahkan hasil yang baik,” jelasnya.

Baca Juga :  Momen Iduladha 1445 H, Telkomsel Kurban 710 Hewan bagi 43.000 Penerima Manfaat se Indonesia

“Beberapa tantangan dan potensi perlu menjadi perhatian kita bersama dalam momentum pertumbuhan ekonomi tahun 2024,” pungkasnya.

Reporter: Sunny Celine

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1964 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *