Baru 95 UMKM di Berau Punya NIB, Pelaku Usaha Didorong Urus Perizinan

benuanta.co.id, BERAU – Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Berau mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Berau agar mengantongi izin usaha dengan memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).

Kepala Bidang (Kabid) Koperasi dan UMKM Disperindagkop Berau, Hidayat Sorang menuturkan, saat ini pelaku UMKM yang memiliki NIB baru 95 orang.

Selebihnya hanya surat keterangan usaha dari lurah atau kepala kampung saja. Meski masih dalam skala mikro, sudah seharusnya UMKM memiliki NIB.

“Data itu sembari kita tata ulang, karena banyak pelaku UMKM yang baru muncul,” ujarnya, Sabtu (8/6/2024).

Apalagi jumlah UMKM di Berau terus mengalami peningkatan. Ini artinya terus ada kemajuan.

Baca Juga :  Sinergi Polres dan Berau Coal Berhasil Sita Alat Tambang Tanpa Izin di Labanan-Kelay

Dengan memiliki NIB, pelaku UMKM dapat mempermudah dalam kepengurusan yang berkaitan UMKM. Salah satunya jika ada bantuan dari pemerintah.

“Ini agar kepemilikan NIB di Berau juga semakin tertata. Ibaratnya seperti KTP. Jika pemilik UMKM memiliki NIB, tentu akan mempermudah mereka dalam mendapatkan bantuan,” ungkapnya.

Selain itu, tentunya memudahkan mereka untuk mendapatkan pinjaman modal usaha, sebab NIB menjadi salah satu syarat pengajuannya. Kini mengurus NIB pun semakin mudah. Para pelaku usaha sudah bisa mendaftar secara online melalui laman www.oss.go.id, tanpa harus datang langsung ke kantor pemerintahan.

“Masih banyak juga yang berpikir bahwa mengurus izin usaha itu hal yang rumit dan memakan waktu lama. Padahal sekarang sudah bisa diakses online,” ucapnya.

Baca Juga :  Tahun ini Dishub Berau Lanjutkan Pemasangan 1.073 Titik PJU

Adapun syarat dan ketentuannya, yaitu Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), email dan nomor ponsel yang aktif, usaha mikro yang sudah memiliki izin, baik izin lokasi maupun mendirikan bangunan.

“Kita selalu mengimbau untuk mengurus NIB. seperti ketika ada pelatihan kita imbau dan diberi bimbingan cara kepengurusan NIB,” paparnya.

Dorongan kepengurusan NIB itu juga datang dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Berau, Madri Pani. Dikatakannya, NIB ini sangat penting agar Pemkab Berau memiliki data akurat terkait keberadaan UMKM di Bumi Batiwakkal.

Banyak pelaku usaha yang skala kecil yang belum membuat NIB, padahal jika usahanya terdaftar banyak manfaat yang bisa didapatkan. Seperti, ketika ada program tambahan modal bisa disalurkan karena usahanya sudah memiliki legalitas.

Baca Juga :  Hasil Survei Masyarakat Berau Minta Dibuka Rute Penerbangan ke Jogja dan Makassar

“Perizinan ini tentu sangat penting dan banyak manfaatnya,” tegasnya.

Banyak pelaku UMKM yang belum sadar akan pentingnya mendaftarkan usahanya karena keterbatasan informasi dan kesulitan mengakses layanan perizinan.

“Apalagi infonya sekarang sudah bisa diakses secara online. Seharusnya OPD terkait secara masif mensosialisasikan itu kepada masyarakat. Agar tidak terjadi kesalahpahaman,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1927 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *