DP3AP2KB Kaltara Mulai Lakukan Penilaian Dokumen KLA

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Kalimantan Utara, Burhanuddin melalui Plh. Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak, Nuraini Asri mengatakan, pihaknya akan memulai penilaian dokumen Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) 2024 bulan Juni ini.

Dia menjelaskan, pemenuhan dokumen yang menjadi syarat penilaian KLA 2024 telah berakhir tanggal 31 Mei kemarin. Dalam jangka waktu tersebut, Pemerintah kabupaten/kota diminta mengunggah dokumen tersebut dalam website.

Baca Juga :  DP3AP2KB Kaltara Optimis Kembali Raih Penghargaan PUG 2025

Sebagai contoh, kabupaten/kota yang sudah memiliki penyediaan informasi layak anak dan mekanisme pencegahan konten negatif, dapat mengunggah dokumen terkait sebagai bukti.

DP3AP2KB Kaltara telah melakukan pendampingan untuk mendorong kabupaten/kota melengkapi dokumen dan bukti yang diperlukan. Ketika mampu lolos dalam verifikasi awal dengan skor di atas 500, pemerintah provinsi akan menganalisa kembali kesesuaian dokumen.

Baca Juga :  DP3AP2KB Kaltara Optimis Kembali Raih Penghargaan PUG 2025

“Ketika belum sesuai, ada pembinaan lagi terhadap kelengkapan dan kesesuaian dokumen tersebut,” imbuhnya.

Verifikasi selanjutnya akan dilakukan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak secara hybrid. Pada tahun sebelumnya, pihak kementerian juga melakukan kunjungan langsung ke kabupaten/kota.

“Nanti ada diberi waktu sekitar seminggu untuk memperbaiki sebelum verifikasi ulang. Beberapa bulan kemudian pengumuman kabupaten/kota layak anak sudah disampaikan,” pungkasnya.(adv)

Baca Juga :  DP3AP2KB Kaltara Optimis Kembali Raih Penghargaan PUG 2025

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2703 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *