DPD Hanura Kaltara Sebut Surat Tugas Bisa Diberikan ke Seluruh Calon Gubernur

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR — Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kalimantan Utara (Kaltara) angkat suara terkait beredarnya sejumlah rekomendasi kepada sejumlah calon kepala daerah. Utamanya kandidat bakal calon gubernur Kaltara.

Sebab, sudah ada klaim dari salah satu kandidat gubernur, jika rekomendasi tersebut merupakan bentuk dukungan resmi partai.

Ketua Penjaringan Kandidat Kepala Daerah DPD Partai Hanura Kaltara, Mursalim Kahar mengatakan, jika surat yang diterima para kandidat tersebut baru berupa surat tugas. Surat tersebut diberikan kepada semua calon yang mendaftar ke Partai Hanura.

Baca Juga :  Ini 25 Anggota DPRD Bulungan Terpilih, Tinggal Tunggu Pelantikan 

Dia pun mengomentari salah satu calon yang sudah mengklaim surat tersebut sebagai rekomendasi dukungan.

“Terkait surat tugas yang telah dikeluarkan DPP Hanura ke Pak Sulaiman. Itu surat tugas yang diberikan ke seluruh bakal calon yang mendaftar,” tegas Mursalim saat ditemui di Kantor DPD Hanura Kaltara, Kamis (30/5/2024).

Dia pun menyebutkan ada beberapa poin inti yang menjadi isi surat tugas tersebut. Pertama, kata dia, adalah mencari koalisi untuk mencukupi syarat dukungan minimal. Kemudian yang kedua adalah mencari pasangan.

Baca Juga :  Bawaslu Kaltara Gelar Konsolidasi bersama Awak Media dan Mahasiswa

“Yang ketiga terkait masalah survei dan elektabilitas. Terkait surat keputusan (B.1-KWK). Setelah semua tahapan dilalui, karena masih ada fit and propert test yang mesti dilalui oleh calon gubernur dan dilakukan di tingkat pusat,” ujarnya.

Surat keputusan tersebut nantinya akan diteken oleh ketua umum dan sekjen sebagai bentuk dukungan resmi dan final dari partai. Surat final itu pun bisa digunakan oleh kandidat sebagai salah satu dokumen persyaratan untuk mendaftar ke KPU. (*)

Baca Juga :  PSU Tarakan Tengah 13 Juli, Masih Pakai Petugas KPPS Pilpres dan Pileg 2024

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1994 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *