77 Kampung di Berau Diberikan Dana Karbon

benuanta.co.id, BERAU – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Berau Tentram Rahayu menyebutkan 77 kampung dapat bantuan dana karbon dari APBN, APBD Provinsi Kalimantan Timur dan APBD Berau serta DBH-DR.

Diharapkan dana karbon bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat kampung. “77 Kampung itu mendapatkan dana karbon dan ada sekitar 21 Kampung dapat dana DBH DR,” jelas Tentram, Senin (27/5).

DPMK Berau pun telah menerima anggaran dari Alokasi Dana Khusus (ADK) yang telah mendapat persetujuan Bupati Berau.

Baca Juga :  Tahun ini Dishub Berau Lanjutkan Pemasangan 1.073 Titik PJU

“Anggaran ADK itu melebihi anggaran yang DPMK miliki yaitu di atas 10 persen,” tuturnya.

Sejak 2022 lalu pemerintahan kampung yang ada di Kabupaten Berau dapat dukungan pendanaan yang besar dari berbagai sumber, mulai dari APBN, APBD Provinsi dan APBD Berau.

“Total dana di Kampung pada tahun 2022 sebesar Rp. 297,2 Miliar tahun 2023 sebesar Rp. 386,5 Miliar dan tahun 2024 sebesar Rp. 463 Miliar,” bebernya.

Kemudian dari Alokasi Dana Khusus (ADK) tahun 2024 ini ada 47 kampung mendapat anggaran lebih dari Rp 2 miliar.

Baca Juga :  Instansi Terkait Diminta Tegas Tindak Aktivitas Pengetap BBM

“43 kampung lebih dari Rp 3 Miliar, 8 Kampung lebih dari Rp 4 Miliar, 1 Kampung lebih dari Rp 5 Miliar dan 1 kampung lebih dari Rp 6 Miliar,” tuturnya.

Pihaknya meminta kepala kampung sebagai pemimpin yang kompeten untuk mewujudkan kampung sebagai subjek pembangunan dan menggali potensi kampung untuk  mewujudkan kemajuan, kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Berau Sri Juniarsih Mas menambahkan tantangan memajukan kampung, mulai dari pelayanan dasar hingga perwujudan kampung berprestasi.

Baca Juga :  Pembangunan Gapura dan Videotron KM 5 Berau Kembali Dilanjutkan

“Tentunya menjadi tanggung jawab besar yang bertumpu pada visi dan misi seorang kepala kampung,” ujarnya.

Diperlukan kepala kampung yang berintegritas, terutama dari aspek pemahaman serta pembentukan regulasi, kewenangan, dan kolaborasi.(*)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1917 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *