Penuhi Ketersediaan Air Bersih, DPUPR Kaltara akan Bangun Intake Jelarai

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Pesatnya pertumbuhan jumlah penduduk dan kedudukan Kota Tanjung Selor sebagai Ibukota Provinsi Kalimantan Utara membutuhkan air baku untuk dikonsumsi lebih besar.

Mengatasi persolan tersebut Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPR-Perkim) Provinsi Kalimantan Utara, berencana membangun Intake Jelarai di Kabupaten Bulungan pada tahun ini.

Berdasarkan data tahun 2023, unit Instalasi Pengolahan Air (IPA) Jelarai memiliki kapasitas 35 liter per detik. Terdiri dari IPA 20 liter per detik 1 unit, IPA 10 liter per detik 1 unit dan IPA 5 liter per detik 1 unit untuk menyuplai kawasan Selimau, Tanjung Selor Timur, Tengkapak, maupun Jelarai. IPA jelarai dengan kapasitas 35 liter per detik saat ini melayani 2.714 Sambungan Rumah (SR) dengan jumlah penduduk sebesar 14.303 jiwa.

Baca Juga :  Menunggu Proses Lelang, Ruas Jalan Lingkar Nunukan Kembali Disiram Aspal Tahun Ini

“Berdasarkan analisis dan proyeksi, khusus untuk IPA Jelarai kebutuhan air bersih untuk proyeksi 10 tahun ke depan sebesar 99,07 liter per detik untuk melayani penduduk sebesar 19.217 jiwa, dan kebutuhan SR sebesar 4.803 unit SR,” jelas Kepala DPUPR-Perkim Kalimantan Utara, Helmi, Kamis (23/5/2024).

Mendukung perkotaan Tanjung Selor sebagai Ibukota Provinsi, diperlukan kerjasama berbagai pihak untuk membangun infrastruktur dasar yang diperlukan untuk mendukung keberlangsungan kawasan perkotaan.

Baca Juga :  Menunggu Proses Lelang, Ruas Jalan Lingkar Nunukan Kembali Disiram Aspal Tahun Ini

“Khusus untuk kebutuhan air bersih, diperlukan kerjasama antara bidang sumber daya air sebagai pemangku peran bidang air baku atau permukaan, bidang cipta karya yang berperan menyediakan IPA dan PDAM sebagai perusahaan daerah pengelola layanan air bersih. Salah satu infrastrukstur yang diperlukan dalam penyediaan air bersih adalah bangunan pengambilan air baku,” jelasnya.

Baca Juga :  Menunggu Proses Lelang, Ruas Jalan Lingkar Nunukan Kembali Disiram Aspal Tahun Ini

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara melalui DPUPR-Perkim, akan membantu Pemerintah Kabupaten Bulungan membangun infrastruktur air baku di Tanjung Selor ini,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1965 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *