Kunjungan Wisman di Kaltara Lesu, Masih Banyak Lewat Jalur Tidak Resmi

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Kaltara terpantau lesu. Melalui data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kaltara, melalui pintu keimigrasian di Kabupaten Nunukan pada Maret 2024 berkisar 338 kunjungan. Jumlah itu tentunya mengalami penurunan sekitar 898 kunjungan jika dibandingkan dengan bulan lalu.

Diterangkan Kepala BPS Kaltara, Mas’ud Rifai selain Nunukan, Kota Tarakan juga terdapat kunjungan Wisman sebanyak 198 kunjungan atau mengalami penurunan sebanyak 126 kunjungan pada Maret 2024 dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Baca Juga :  Olahan Limbah Kelapa Sawit Dapat Meningkatkan Kesejahteraan Pelaku UMKM

“Secara keseluruhan, jumlah kunjungan Wisman melalui pintu keimigrasian Kabupaten Nunukan (laut) dan Kota Tarakan (laut) pada Maret 2024 terdapat sebanyak 536 kunjungan atau terjadi penurunan sebanyak 65,64 persen,” sebutnya, Senin (6/5/2024).

Secara kumulatif, jumlah Wisman yang berkunjung ke Kaltara melalui pintu keimigrasian pada periode Tahun 2024 mencapai 2.576 kunjungan.

Mas’ud mengungkapkan, jumlah Wisman yang berkunjung ke Kaltara berdasarkan Pintu Lintas Batas (PLB) yang tidak tercatat (undocumented) di Pintu Keimigrasian seperti pada pintu-pintu yang tidak resmi ternyata masih banyak, sehingga BPS bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Telkomsel untuk melakukan penghitungan dengan menggunakan metode Mobile Position Data (MPD) untuk menghitung jumlah wisman.

Baca Juga :  Ekspor Non Migas Periode Januari-Maret Meningkat 52,45 Persen dari Tahun Lalu

Berdasarkan MPD, jumlah wisman yang berkunjung ke Provinsi Kaltara terdapat sebanyak 33.039 kunjungan atau terjadi peningkatan sebesar 15.62 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

“Secara kumulatif, jumlah kunjungan wisman MPD ke Provinsi Kalimantan Utara pada periode Tahun 2024 sebanyak 88.737 kunjungan, atau terjadi penurunan sebesar 19,16 persen dibandingkan periode yang sama Tahun 2023 yang tercatat sebanyak 109.769 kunjungan,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Selain Udang, Rumput Laut dan Ikan Kaltara Primadona Mancanegara 

Reporter: Ike Julianti

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2646 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *