Bawaslu Berau Buka Pendaftaran Panwascam di 13 Kecamatan

benuanta.co.id, BERAU – Badan Pengawas Pemilu Umum (Bawaslu) Kabupaten Berau, berencana akan membuka rekrutmen panitia pengawas pemilihan umum kecamatan (Panwascam).

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Berau Ira Kencana mengatakan, rekrutmen Panwascam ini akan dilakukan pada 5 hingga 7 Mei mendatang.

“Tahapan selanjutnya Bawaslu Berau akan buka rekrutmen panwaslu mulai tanggal 5 sampai 7 Mei mendatang untuk di 13 kecamatan,” ucapnya Jumat (3/5/2024).

Ira menyebutkan, untuk kebutuhan berapa orang Panwascam masing-masing kecamatan berbeda-beda

“Tanjung Redeb lalu Biatan 2 orang, Tabalar 3 orang, dan kecamatan lainnya masing-masing membutuhkan 1 orang,” ungkapnya.

Sambung dia, seleksi panwascam berlangsung nanti akan ada kegiatan evaluasi kinerja. .

Baca Juga :  Maksimalkan Pelayanan, 21 Puskesmas Diupayakan Naik Kelas Jadi BLUD

“Ada dua tahapan yang pertama itu tahapan evaluasi kinerja. Artinya petugas yang lama kemarin eksisting panwascam pemilu 2024 kami evaluasi kinerja berupa portofolio dan evaluasi atasan langsung,” bebernya.

Kemudian persyaratan mengikuti panwascam untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 27 November nanti paling rendah berusia 21 tahun.

“Lalu tidak pernah menjadi anggota kampanye salah satu paslon. Punya e-KTP, kemudian tidak menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri sekurang-kurangnya 5 tahun lalu,” tuturnya.

Lebih lanjut menurutnya jika para anggota panwascam tidak memenuhi salah satu syarat maka akan dapat keterangan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Baca Juga :  Peluang Restorasi Mangrove Berbasis Masyarakat di Berau 

“Kemudian ada 9 kecamatan yang harus kami lakukan rekrutmen untuk pendaftar baru. Karena 3 orang panwaslu di kecamatan kemarin kena evaluasi kinerja,” ungkapnya

Ika menyebutkan evaluasi kinerja 3 orang panwascam tersebut meliputi portofolio yang seharusnya mengisi 60 soal dan mengerjakan kinerja atasan langsung.

“Mereka juga harus menjawab pertanyaan langsung 15 soal dan kami sudah melakukan penilaian dan ada beberapa tidak memenuhi kriteria diambang batas 62,5 ada juga memperoleh nilai 60, 61, 62 artinya mereka tidak memenuhi syarat dilanjutkan kembali,” paparnya.

Baca Juga :  Pj Gubernur Kaltim Tinjau SPBN di Biduk-Biduk

Kendati demikian, Ika berharap pelaksanaan Pilkada 2024 akhir tahun ini bisa berlangsung aman dan lancar.

“Sesuai dengan kita harapkan semua. Semoga kejadian-kejadian di Pilkada 2020 kemarin yang money politik tertangkap semoga tidak terjadi lagi di pilkada 2024 ini,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2901 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *