Peran Kunci Gubernur dan Wagub Kaltara dalam Turunkan Angka Kemiskinan

benuanta.co.id, TARAKAN – Penurunan angka kemiskinan di Kaltara menjadi titik keberhasilan tersendiri dari Pemerintah Provinsi Kaltara. Program-program yang dikonsepkan dan terealisasi juga tak lepas dari jerih payah pemerintah untuk menekan angka kemiskinan.

Kepala Bappeda-Litbang Provinsi Kaltara, Bertius mengatakan peran gubernur dan wakil gubernur Kaltara yang tak bosan untuk meminta koordinasi dengan kabupaten kota melalui perangkatnya dalam hal ini Bappeda-Litbang.

“Kita bersinergi kita memetakan, kemiskinan ini sebenarnya apa yang jadi persoalannya,” katanya, Kamis (2/5/2024).

Ia menyebut, penyelesaian kemiskinan tak lepas dari kebijakan kepala daerah dan wakilnya yang mencermati persoalan sebelum melakukan tindakan. Pihaknya sebagai penerjemah dari maksud kepala daerah dan wakilnya untuk merealisasikan konsep kebijakan yang dipilih.

“Misalnya di dinas sosial, mereka akan intervensi melalui PKH, atau kelompok usaha bersama, bantuan sosial dan lainnya. Kita tugasnya koordinasi karena bagian dari aparatur kepala daerah dan wakilnya,” bebernya.

Adapun program penurunan angka kemiskinan yang sudah dilakukan sebelumnya seperti menggiatkan pangan lokal, menggiatkan aksesoris untuk mengembangkan potensi masyarakat.

“Usulan dari kabupaten kota untuk penekanan angka kemiskinan ini juga ada. Untuk menyelesaikan kasus-kasus kemiskinan, entah itu pembinaan ternak atau produk. Ini bagian kerjasama kita,” pungkas Bertius. (adv)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2914 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *