Perekaman e-KTP di Kaltara 98,68 Persen

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Sanusi menyebutkan untuk progres perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kaltara telah mencapai 98,68 persen.

“Hitungannya nanti hingga bulan Desember. Sedangkan untuk target kita sendiri adalah diangka 99 persen,”katanya, Kamis (11/4/2024).

Terhitung dari lima Kabupaten/Kota, Kabupaten Malinau menjadi daerah dengan angka perekaman terendah dengan angka 97,57 persen.

Dalam hal ini, Sanusi mengatakan bahwa factor utama yang menjadi kendala adalah aksesibilitas di daerah Malinau yang sulit untuk dijangkau.

Baca Juga :  Fasilitasi 5.660 Sertipikat Tanah di Daerah Perbatasan, Masyarakat Apresiasi Program Pemprov Kaltara

“Medan agak berat. Karena penduduk Malinau tidak tersebar hanya di Kabupaten Malinau saja, tapi tersebar hingga desa-desa yang mana masih banyak yang blank spot,” ungkapnya.

Lanjutan kata Sanusi selain itu, untuk anggaran biaya dari daerah untuk perekaman juga masih terbatas. Sehingga ketika pihak pemerintah ingin melakukan jemput bola, seperti menuju desa pujungan dan kayan akan sangat memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk akses menuju desa pujungan.

Baca Juga :  Lembaga Yudikatif Dituntut Netral dalam Pelaksanaan Pilkada 2024

“Kalau mereka yang disuruh ke Malinau juga kan kasian,” lanjutnya.

Untuk Kabupaten dengan angka pencapaian perekaman tertinggi ada di Kabupaten Nunukan dengan angka 99,91 persen, dan disusul oleh Kabupaten Bulungan 98,53 persen, Kota Tarakan 98,23 persen dan Kabupaten Tana Tidung (KTT) 97,96 persen.

“Nunukan menjadi yang tertinggi, karena mereka rajin melakukan jemput bola. Bahkan sudah dimulai sejak tahun lalu,” ungkapnya.

Namun ia optimis, melihat angka pencapaian hingga bulan ini, pada Desember mendatang target 99 persen yang telah ditentukan oleh Kementerian dalam negeri (Kemendagri) untuk Provinsi Kaltara akan dapat tercapai.(*)

Baca Juga :  Gubernur Lepas Keberangkatan 439 CJH ke Baitullah

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2871 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *