Zainal Paliwang Masih Figur Terkuat Diusung DPD Gerindra Kaltara

benuanta.co.id, TARAKAN – Santer terdengar kabar, kader Partai Gerindra, Emannuel Ebenezer menyatakan siap untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Provinsi Kaltara 2024. Pada satu sisi, Gubernur Kaltara periode 2021-2024, Zainal Arifin Paliwang lebih dulu ancang-ancang untuk andil kembali dalam Pilgub mendatang.

“Level kepengurusan Pak Gubernur Zainal di daerah (Kaltara) adalah Dewan Penasihat DPD Gerindra Kaltara. Tapi kalau Emmanuel yang mau maju itu juga adalah hak dari kader,” tegas Ketua DPD Gerindra Kaltara, Ibnu Saud, Selasa (2/4/2024).

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1940 votes

Ia melanjutkan, atas nama pribadi, Zainal Paliwang juga sudah menyatakan siap untuk maju pada Pilgub mendatang. Hal ini tentu membawa kebaikan bagi Gerindra, lantaran pendidikan politik membentuk kader pemimpin tentu berjalan.

Baca Juga :  Selama Febuari Jumlah Penumpang Angkutan Laut Capai 11.765 Orang

“Noel juga secara pribadi menyatakan itu. Kalau secara partai, tentu nanti dari saya. Justru dengan dinamika yang ada menunjukkan apresiasi masyarakat ke Gerindra pada Pemilu juga membanggakan,” lanjutnya.

Sejauh ini, dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra belum menginstruksikan untuk membahas secara internal kader yang akan diusung nanti. Pihaknya akan memantapkan pembahasan ini setelah Lebaran Idulfitri 2024.

Adapun keputusan diusungnya kader merupakan kewenangan dari DPP Gerindra. Gerindra Kaltara hanya memberikan rekomendasi bakal calon saja.

“Saya pastikan akan berkoordinasi dengan Ketua Dewan Penasehat (Zainal Paliwang) nanti, juga ke Emmanuel. Pada ujungnya tidak mungkin Gerindra tidak membuat keputusan, atau keputusan kita ada dua orang itu tidak mungkin. Tapi belum kita bahas secara organisasi,” beber Ibnu.

Baca Juga :  Perekaman e-KTP di Kaltara 98,68 Persen

Senada dengan Ibnu Saud, Wakil Ketua DPD Gerindra Kaltara, Fajar Ngewa menambahkan keinginan dari DPP Gerindra ialah adanya kader di daerah untuk menjadi calon pemimpin sebagai perpanjangan tangan di pusat.

“Karena Pak Prabowo ini terpilih menjadi Presiden, yang mana wilayah tersebut bagian dari pemenang, di Kaltara Gerindra menang, Tarakan juga begitu. Jadi wilayah pemenangan itu diisi oleh kader Gerindra,” ungkapnya.

Disinggung soal penjaringan, Fajar menegaskan belum terdapat instruksi dari DPP Gerindra. Menurutnya, seluruh kader juga punya ruang yang akan diputuskan oleh DPP Gerindra nanti.

“Jadi belum tahu apakah kita buka penjaringan di Pilgub atau tidak. Karena sekarang kita sudah 2 kader terbaik dan berprestasi, untuk saat ini kita sudah ada Gubernur ngapain lagi mau mencari calon Gubernur,” pungkasnya.

Baca Juga :  Perekaman e-KTP di Kaltara 98,68 Persen

Diketahui, Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr. (HC). H Zainal Arifin Paliwang masih menjadi figur terkuat untuk diusung DPD Gerindra Kaltara kembali maju di Pilgub 2024. Meski belum terdapat pembahasan diinternal partai, terbukti Gubernur Zainal masih memimpin polling calon Gubernur Kaltara 2024-2029 yang murni pilihan masyarakat Kaltara.

Berdasarkan data yang dihimpun melalui polling Benuanta, Zainal Arifin Paliwang bertengger pada posisi pertama dengan 554 votes dari 1.553 yang memilih. Ia berada jauh diatas bursa nama calon Gubernur Kaltara di antaranya Asmin Laura Hafid dan Irianto Lambrie. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *