Sosek Malindo akan Diselenggarakan di Indonesia 

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Forum Sosial Ekonomi Malaysia-Indonesia (Sosek Malindo) Peringkat Negeri Sabah dan Tingkat Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) tahun 2024 ini akan diselenggarakan di Indonesia.

Disampaikan Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Provinsi (Setprov) Kaltara, Taufik Hidayat Forum Sosek Malindo ini dilaksanakan bergantian, yang mana tahun 2023 lalu sudah dilaksanakan di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1897 votes

“Rencananya Sosek Malindo ini dilaksanakan pada Mei nanti, karena tahun lalu juga seperti itu waktu pelaksanaannya. Sementara ini kita masih persiapan, kemungkinan setelah lebaran kita lakukan rapat internal,”katanya, Senin (1/4/2023)

Baca Juga :  Gubernur Kaltara Kembali Berangkatkan Umroh 50 Imam Masjid di Tarakan 

Adapun dalam rapat internal persiapan pelaksanaan Forum Sosek Malindo itu, semua kertas kerja yang berkaitan dengan kegiatan ini akan dikumpul untuk dibahas bersama di lingkungan Pemerintah Povinsi (Pemprov) Kaltara.

“Jadi ini untuk menentukan isu apa saja yang akan kita angkat lagi di Sosek Malindo tahun ini. Ada tiga isu utama yang akan kita godok pada Sosek Malindo ini, tapi untuk lebih spesifik itu yang pertama masalah batas negara,” jelasnya.

Baca Juga :  Gubernur Kaltara Buka Bersama Warga Binaan Lapas Tarakan

Adapun, tiga isu utama yang dimaksud di sini yang masuk dalam kertas kerja pertama itu masalah sosial masyarakat. Kemudian kertas kerja kedua itu lebih banyak ke persoalan ekonomi, seperti perindustrian dan perdagangan.

“Kertas kerja yang terakhir itu lebih kepada keamanan dan ketertiban. Jadi tiga isu utama ini yang akan kita bahas untuk kita bawa dalam pembahasan pada Forum Sosek Malindo nanti,” tuturnya.

Baca Juga :  Inisiatif Gubernur Zainal Mudik Gratis, Dishub Kaltara Sebut Animo Masyarakat Tinggi

Hanya saja, saat ini pihaknya masih mencari tempat yang pas untuk dilakukan pertemuan antar negara serumpun tersebut, bisa jadi di Balikpapan, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Jogja atau di daerah lain di Tahan Air.

“Tapi sementara ini kita masih lihat kondisi dulu. Pastinya tahun ini jadwalnya di Indonesia,” tuturnya.

Pada prinsipnya, isu-isu strategis yang berkaitan dengan persoalan sosial ekonomi yang ada di wilayah perbatasan negara. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Nicky Saputra 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *