Disdukcapil Kaltara Himbau Masyarakat Urus Administrasi Kependudukan Sebelum Cuti Bersama

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Agar tetap terlayani dalam pengurusan administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kalimantan Utara (Kaltara) menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mempersiapkan segala berkas jika ingin melakukan pengurusan identitas baru maupun kehilangan sebetulnya cuti lebaran, dan cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1445 H.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Disdukcapil Kaltara Sanusi, saat ini ia belum bisa memastikan apakah nantinya akan membuka pelayanan di long weekend atau tidak, sebab pihaknya masih menunggu surat keputusan atau edaran dari Kemendagri.

Oleh karena itu, ia meminta kepada masyarakat yang ingin melakukan registrasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) untuk tidak ditunda-tunda.

“Untuk masyarakat yang KTP nya hilang, atau mau ganti KTP, kependudukan atau baru akan membuat untuk disegerakan dan dipersiapkan. Mengingat keperluan mudik juga saat pembelian tiket pesawat, kapal pesiar dan transportasi lainnya tentu memerlukan identitas diri,” katanya, Ahad (31/3/2024).

Baca Juga :  Inisiatif Gubernur Zainal Mudik Gratis, Dishub Kaltara Sebut Animo Masyarakat Tinggi

Pasalnya, hingga saat ini Kemendagri belum memberikan himbauan terkait pembukaan layanan saat libur lebaran Idul Fitri 1445 hijriah. Untuk hari libur atau cuti bersama akan dimulai sejak tanggal 8 April 2024 hingga 15 April 2024.

“Ini liburnya lumayan panjang. Jika memang nanti tidak ada himbauan pembukaan layanan di Disdukcapil, tentu kesempatan ini akan digunakan untuk para anggota mudik atau pulang kampung,” jelasnya.

Baca Juga :  Gubernur Kaltara Kembali Berangkatkan Umroh 50 Imam Masjid di Tarakan 

Terkait ini, Sanusi mengkhawatirkan sebelum kantor pelayanan dibuka ada kebutuhan sebagai syarat pemberkasan, misalnya melamar kerja atau menikah yang belum terpenuhi.

“Nanti kan menunda keperluan kalian juga. Jadi lebih baik dipersiapkan sejak awal dan datang ke kantor pelayanan sebelum long weekend, sekaligus kami daftarkan untuk IKD kalian,” pungkasnya.(*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *