Lonjakan Penumpang Pelabuhan Tengkayu I Diprediksi H-3 Lebaran 

benuanta.co.id, TARAKAN – Prediksi lonjakan penumpang di Pelabuhan Tengkayu I diperkirakan terjadi empat hingga tiga hari sebelum Hari Raya Idul Fitri 2024. Diprediksikan penumpang akan mulai memadati pelabuhan sekira 6-7 April 2024.

Kepala Bidang Pelayaran Dishub Provinsi Kaltara, H. Idham Chalid mengungkapkan prediksi banyaknya penumpang sementara masih beracuan pada data penumpang 2023 lalu, yakni sekira 2.500 penumpang. Sehingga jika dimungkinkan, akan terdapat armada tambahan untuk melayani penumpang yang berangkat melalui Pelabuhan Tengkayu I.

“Kita juga sudah rapat untuk kesiapan posko angkutan lebaran guna mengantisipasi lonjakan penumpang. Kalau tahun lalu armada tambahan itu ada 3, kita akan lihat kondisi penumpang nanti untuk jumlahnya tahun ini,” ungkapnya, Kamis (28/3/2024).

Idham melanjutkan, untuk jam operasional pelayaran juga telah disesuaikan yang mana armada terakhir hanya sampai pukul 16.00 WITA. Pada tahun ini, armada yang akan beroperasi berdasarkan jadwal reguler sebanyak 55 armada.

Baca Juga :  Berkat Gubernur Kaltara, Bandara Juwata Tarakan Dapat Extra Flight Arus Balik dari 2 Maskapai

“Termasuk armada tambahannya juga akan disesuaikan nanti waktunya. Tahun lalu itu reguler 58 armada, tahun ini berkurang karena ada yang rusak ada yang surat-surat nya mati,” lanjutnya.

Pihaknya juga mengantisipasi adanya kemacetan di Pelabuhan Tengkayu I. Berdasarkan aturan, tak diperkenankan bagi kendaraan umum untuk masuk ke terminal keberangkatan dan kedatangan. Namun, untuk kendaraan dinas pejabat masih mendapatkan toleransi dengan catatan mengkonfirmasi ke pihak UPTD terlebih dahulu.

Baca Juga :  Ekonomi Kaltara Tumbuh 4,94 Persen Tahun 2023

“Teman-teman yang mengatur lalu lintas juga ada. Hanya saja pada momen begini ya banyak sekali, sementara SDM kita sedikit. Jadi kita maksimalkan seadanya untuk mengurai kemacetan di terminal penumpang,” pungkasnya. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Nicky Saputra 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *