Dua OPD Pemprov Kaltara Paling Produktif Tahun Ini

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Pemukiman (DPUPR-Perkim) dan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kalimantan Utara(Kaltara) menjadi dua OPD dengan kegiatan pembangunan daerah terbanyak di lingkungan Pemprov Kaltara.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Pemprov Kaltara, Amir Hamsyah.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1915 votes

“Kalau untuk kegiatan terbanyak ditahun ini dipegang oleh DPUPR-Perkim dan Disdik Kaltara dan hal ini bisa dilihat dari jumlah kegiatan yang dilelang ditahun 2024 ini” kata Amir Hamsyah pada Kamis, 28 Maret 2024.

Baca Juga :  Inisiatif Gubernur Zainal Mudik Gratis, Dishub Kaltara Sebut Animo Masyarakat Tinggi

Meski tidak menyebutkan nominal anggaran dan total keseluruhan kegiatan, namun Amir membeberkan kalau jumlah kegiatan pada setiap OPD yang ada di lingkungan pemerintah setiap tahunnya selalu berbeda-beda.

Hal itu dipengaruhi kebijakan daerah dan arah kebijakan kepala daerah yang didasari oleh kebutuhan tahunan khususnya terkait pembangunan.

“Waktu periode Covid-19 kegiatan Dinas Kesehatan (Dinkes) tentu lebih banyak dari OPD lain karena didasari oleh kebutuhan saat itu yang mengutamakan antisipasi penyebaran Covid-19 di Kaltara,” jelasnya.

Baca Juga :  Gubernur Kaltara Kembali Berangkatkan Umroh 50 Imam Masjid di Tarakan 

“Tapi karena tahun ini fokusnya ialah pendidikan dan pembangunan infrastruktur jadi OPD DPUPR-Perkim dan Disdik Kaltara memegang banyak kegiatan pemerintahan,” bebernya.

Disisi lain, Amir juga menyebutkan kalau OPD DPUPR-Perkim dan Disdik Kaltara merupakan dua OPD yang sudah memulai menggunakan e-katalog untuk perencanaan lelang kegiatan konstruksi.

Sedangkan OPD lainnya masih menggunakan lelang tender manual, dikarenakan belum siapnya SDM yang mumpuni untuk diberlakukannya e-katalog.

Baca Juga :  Lanjutkan Pembangunan Motivasi Terbesar Gubernur Zainal Kembali ke Pilgub 

“Makanya tahun ini Biro BPJ juga akan segera menggelar Bimtek agar SDM di setiap OPD khususnya PPK-nya dapat melaksanakan kegiatan konstruksi dengan e-katalog dan kemungkinan bulan depan sudah kita laksanakan Bimtek ini sebagai persiapan awal SDM OPD untuk mengoperasikan e-katalog,” pungkasnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *