Potensi Hujan Lebat hingga Petir Masih Terjadi di Kaltara 

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Harapan menyebutkan, waspada potensi hujan sedang-lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada pagi, siang dan sore hari di sejumlah wilayah di Kalimantan Utara (Kaltara) pada akhir pekan ini, terutama Sabtu dan Minggu.

Forecaster BMKG Tanjung Harapan Sylvi Yulianti mengatakan, sejumlah daerah yang berpotensi hujan pada akhir pekan ini, antara lain Peso, Peso Hilir, Tanjung Palas Barat, Betayau, Muruk Rian, Sesayap, Kayan Hilir, Kayan Hulu, Kayan Selatan, Malinau Barat, Malinau Kota, Malinau Selatan, Malinau Utara, Mentarang, Mentarang Hulu, Pujungan dan Sungai Boh. Juga di Tarakan dan Bunyu.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1895 votes

“Waspada potensi hujan sedang – lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada pagi hari di wilayah Tarakan, Peso dan sekitarnya,” katanya, Sabtu (23/3/2024)

Baca Juga :  Lanjutkan Pembangunan Motivasi Terbesar Gubernur Zainal Kembali ke Pilgub 

“Di Bulungan, hujan di beberapa kecamatan diprakirakan turun pada pagi dan siang ini mulai pukul 08.00 Wita. Seperti di Tanjung Selor dan sekitarnya,” katanya lagi.

Diprakirakan terjadi hujan sedang hingga lebat turun di hampir seluruh kecamatan di Bulungan pada Minggu (24/03/2024).

Bahkan di 3 kecamatan di hulu Sungai Kayan, yakni Peso, Peso Hilir dan Tanjung Palas Barat, hujan dengan intensitas lebat yang disertai petir. Utamanya pada siang hari pukul 11.00 Wita.

Pagi hingga siang juga berpotensi hujan terjadi di sejumlah daerah di Kabupaten Tana Tidung, dan Malinau. Begitu pun di beberapa kecamatan di Nunukan dan Tarakan.

Di Malinau hujan dengan intensitas lebat hampir di semua kecamatan. Utamanya di Mentarang, Mentarang Ulu, Malinau Barat, Malinau Selatan, Kayan Hilir, dan sekitarnya.

Baca Juga :  Gubernur Tinjau Jalan Rusak di Binalatung, Pemprov Kaltara akan Kucurkan Rp 16 Miliar untuk Perbaikan

“Tak hanya hujan, juga memprakirakan gelombang laut masih cukup tinggi, meski sudah mulai melandai dibanding beberapa hari sebelumnya. Yaitu dengan ketinggian antara 0,5 – 1,25 meter,” ungkapnya.

Sedangkan untuk arah angin Barat Laut- Timur Laut, 4 – 20 knots. Sementara di periran bagian barat Laut Sulawesi, Arah angin Barat Laut- Timur Laut, 8 – 20 knots.

Atas kondisi ini, BMKG mengimbau masyarakat diimbau untuk berhati-hati dan waspada. Utamanya yang dalam perjalanan. Waspadai juga genangan air dan potensi tanah longsor.

Sementara itu, prediksi cuaca Kota Tarakan dijelaskan Forecaster BMKG Tarakan, Danurahni Aryashta kondisi cuaca Tarakan pada pagi hari hujan deras hingga menjelang siang kemudian sore hingga malam hari ada potensi hujan ringan sampai sedang.

Menurut pantauan benuanta.co.id, sebagai kota Tarakan dari siang hari hingga sore mengalami gerimis di beberapa titik. Dengan suhu mulai dari 25 hingga 29 derajat celcius dan kelembaban mulai dari 80 sampai 95 persen.

Baca Juga :  Relawan Kawan Muda ZAP Gaungkan Zainal Paliwang Dua Periode

“Kondisi gelombang di wilayah perairan kaltara relatif rendah dengan ketinggian 0.5 meter hingga 1.25 meter,” ujar Forecaster BMKG Tarakan, Danurahni Aryashta, Sabtu (23/3/2024).

Lanjutnya, untuk arah angin berasal dari Timur Laut menuju Timur, dengan Kecepatan angin berkisar 10 hingga 20 kilometer perjam.

Disinggung mengenai trafik penerbang, mendekati pertengahan bulan ramadan untuk trafik penerbang masih terpantau dalam kondisi normal.

“Untuk masyarakat di luar rumah harap waspada terkait potensi hujan lebat terutama di pagi hari, harap sedia jas hujan dan payung untuk mengantisipasi terjadinya hujan lokal,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ike Julianti/Sunny Celine

Editor: Nicky Saputra 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *