Karhutla Masih Melanda Nunukan, Lahan di Depan GOR Dwi Kora Terbakar 

benuanta.co.id, NUNUKAN – Kebakaran hutan dan lahan (Karthula) terus terjadi di Nunukan dalam kurun waktu tiga bulan terakhir ini.

Terbaru, lahan di depan GOR Dwi Kora Nunukan Jalan Sei Sembilan, Kelurahan Selisun, Kecamatan Nunukan Selatan terbakar pada Jumat (22/3/2024) siang.

Kasubid Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nunukan, Basir mengatakan Karthula tersebut terjadi dari siang hari hingga pukul 22.00 Wita.

“Kejadiannya dari siang hari, api baru berhasil padam itu malam hari. Personel yang melakukan pemadaman di lapangan sempat kewalahan karna angin yang kencang sehingga api begitu cepat merambat,” kata Basir kepada benuanta.co.id, Sabtu (23/3/2024).

Baca Juga :  2 Tahun jadi Petani Sawit di Malaysia, WNI Ini Pulang Kampung Tanpa Dokumen Resmi  

Dikatakannya, personel mengalami kendala saat melakukan pemadaman lantaran minimnya alat penerangan, serta personel yang kewalahan lantaran menjalankan ibadah puasa.

Diungkapkannya, sejumlah pihak ikut membantu proses pemadaman api baik dari personel BPBD Nunukan, Polres Nunukan, KPH, Lanal Nunukan, PMI Nunukan, TNI AD dan AL serta puluhan masyarakat yang ikut membantu memadamkan api secara manual.

Baca Juga :  Pindah Domisili Tak Lagi Pakai Surat Pengantar RT

Untuk penyebab terjadinya kebakaran, Basir mengatakan jika berdasarkan hasil pemeriksaan dilapangkan tidak ditemukan adanya tanda-tanda upaya pembukaan lahan. Sehingga, lahan tersebut diduga terbakar lantaran faktor musim kemarau.

“Penyebab pastinya belum kita tauh, karena dilapangkan kita tidak temukan ada tanda-tanda sengaja di bakar atau pembukaan lahan,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk total luasan lahan yang terbakar, Basir mengatakan jika saat ini pihak UPTD KPH Nunukan masih melakukan proses perhitungan dilapangkan.

Baca Juga :  Mantan Bendahara RSUD Nunukan jadi Tersangka Korupsi  

“Untuk total luasanya masih dilakukan proses perhitungan di lapangan, begitupun dengan pemilik lahan masih kita cari informasinya,” terangnya. (*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2703 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *