Gelar Kashafa, Pemprov Dukung Sertifikasi Halal untuk UMKM

benuanta.co.id, TARAKAN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) mengapresiasi kegiatan Kaltara Sharia Festival (Kashafa) tahun 2024 yang diselenggarakan di Masjid Baitul Izzah, Islamic Center Kota Tarakan.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan Bank Indonesia yang bekerja sama dengan Pemprov Kaltara dan Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan untuk mengadakan bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), sertifikasi halal untuk UMKM dan lain-lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Kaltara , Dr (HC) Zainal Arifin Paliwang melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltara, H. Suriansyah mengungkapkan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan yang akan berlangsung selama beberapa hari tersebut.

“Kita mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia khususnya di kaltara yang sudah bermitra dengan kita menyelenggarakan kasafa 2024. Kami dari pemerintah kaltara sangat mendukung kegiatan ini terutama dukungan terhadap UMKM karena memang kita upayakan sertifikat halal sudah dilaksanakan,” ujarnya, Kamis (21/3/2024).

Baca Juga :  Jokowi Terbitkan Perpres Distribusi Izin Tambang untuk Ormas Keagamaan

Ia pun mengapresiasi kegiatan sertifikasi halal bagi pelaku UMKM yang juga dilaksanakan pada bazar tersebut. Oleh karena itu, ia meminta kerjasama UMKM terutama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemkot untuk mendukung sertifikat halal ini.

“Semua instansi pemerintah daerah maupun vertikal bisa mendukung sertifikasi halal termasuk agama yang mendukung kegiatan ini kita harapkan semua bisa berjalan dengan baik,” jelasnya.

Terkait hal tersebut, sebagai tuan rumah Penjabat (Pj) Wali Kota Tarakan Dr. Bustan mengungkapkan kegiatan Kashafa memiliki dampak yang positif bagi perekonomian khususnya untuk pengendalian inflasi daerah.

“Setiap hari Senin kami bersama Kemendagri, Gubernur kaltara diminta untuk mengendalikan inflasi. Alhamdulillah Kaltara khususnya kota Tarakan berada di posisi ketujuh terendah kota se-Indonesia diangka 2,05 dibawah nasional,” ungkapnya.

Baca Juga :  Faktor Cuaca di Daerah Penghasil, Harga Cabai di Tarakan Meroket

“Dengan cara-cara seperti pasar murah saya minta seluruh wilayah di kota Tarakan. Contohnya pada hari ini, bersinergi dengan semua stakeholder, Bulog, ritel modern kawan-kawan PKK,” tambahnya.

Disinggung mengenai sertifikasi halal, ia membeberkan pemerintah Kota Tarakan juga sangat mendukung hal tersebut untuk meningkatkan produktivitas yang berdampak besar untuk pelaku UMKM dan konsumen.

“Sudah lumayan banyak (UMKM yang bersertifikat halal), kira rencananya kedepannya akan melakukan FGD untuk semua pedagang rumah tangga untuk mendaftarkan sertifikat halal. Itu juga kita dorong semua warung-warung, cafe cafe untuk mempunyai logo sertifikat halal,” terangnya.

Terpisah, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kaltara, Wahyu Indra Sukma mengatakan pihaknya akan terus bersinergi dengan pemerintah daerah maupun kota guna mendukung perekonomian di Kaltara. Hal tersebut diungkapkannya karena Indonesia merupakan negara ketiga dengan ekonomi syariah cukup besar.

Baca Juga :  Sosialisasi Manfaat Program bagi Apotek dan Klinik se-Kabupaten Bulungan

“Kita akan mendukung karena ekonomi syariah ini sebagai salah satu akselerasi pertumbuhan ekonomi di Kaltara,” tegasnya.

“Terima kasih kita di kasih kesempatan sudah hadir disini bazar bersama UMKM. Harapan kami mereka bisa mendapatkan pendapatan yang dapat meningkatkan pendapatannya. Harapan kami juga semakin banyak UMKM, tidak hanya di Tarakan tapi di Kaltara juga yang bersertifikasi halal tentunya ini juga dapat meningkatkan penjualan mereka sendiri,” pungkasnya.(*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2703 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *