Diskan Berau Pastikan Stok Ikan Aman hingga Lebaran Idul Fitri

benuanta.co.id, BERAU – Dinas Perikanan (Diskan) Berau menyatakan stok ikan di penangkalan ikan daerah pesisir Kecamatan Talisayan dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Berau, Dahniar Ratnawati menjelaskan, musim menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku dari para nelayan di lapangan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1986 votes

“Untuk perputaran ikan ini kita perlu melihat perilaku nelayan. Karena nelayan itu berlayar melihat musim,” ucapnya Kamis (21/3/2024).

Baca Juga :  Kualitas Pelayanan RSUD dr. Abdul Rivai Disorot

Dahniar menjelaskan, dalam proses penangkapan ikan, para nelayan yang menggunakan kapal pengangkut dengan kapasitas di atas 30 Gross Tonage (GT) akan istirahat, jika memasuki bulan purnama.

“Untuk kapal-kapal besar di atas 30 GT, biasanya akan istirahat menjelang bulan purnama, sebab ikan kurang. Karena mereka melaut hanya di malam hari dan lokasinya jauh,” ungkapnya

Namun, kondisi ini tidak menjadi hambatan, sehingga membuat stok ikan bagi masyarakat berkurang. Sebab jelasnya, masih ada kapal jenis lain yang tetap beroperasi di siang hari.

Baca Juga :  Wisatawan di Pulau Derawan Keluhkan Listrik Sering Padam

“Kapal-kapal yang dibawah 30 GT tidak hanya melaut pada malam hari, siang juga melaut,” ujarnya.

Lebih lanjut, kondisi saat ini memang sedang bulan purnama. Sehingga banyak kapal yang istirahat. Tapi dirinya pastikan, setelah tanggal 26 Maret 2024, para nelayan akan kembali melaut.

“Setelah tanggal 26 itu mereka akan melaut lagi. Itu diperkirakan 15 sampai 20 hari (melaut). Nah harapan kita menjelang lebaran nanti mereka sudah bisa masuk (kembali) dengan membawa hasil tangkapan (ikan),” tuturnya.

Dahniar kemudian mengambil contoh situasi di Pasar Adji Dilayas. Jumlah stok ikan yang masuk perhari sekitar 2 hingga 4 ton per hari.

Baca Juga :  Sekda Minta Disdik Berau Perhatikan Perpustakaan Supaya Naik Akreditasi

“Namun tidak semua dikonsumsi, sebab sekitar 20 sampai 30 persen ikan yang masuk, dibawa keluar. Dan itu masih bisa mencukupi kebutuhan pangan ikan masyarakat,” tuturnya.

Kendati demikian, untuk itu dirinya tetap optimis hingga lebaran nanti, ketersediaan ikan bagi masyarakat di Kabupaten Berau tetap aman terpenuhi.

“Nah mengenai ikan menjelang lebaran itu, harapan kami insyaallah masih mencukupi sampai lebaran nanti,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *