Segini Besaran Zakat Fitrah 2024 di Nunukan

benuanta.coid, NUNUKAN – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Nunukan telah menentukan besaran nilai rupiah Zakat Fitrah per jiwa dalam rangka perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah tahun ini, yang mesti dibayar masyarakat ada tiga katagori yang tertinggi yakni Rp45 ribu per orang.

Ketua Bidang Pengumpulan Zakat, Infaq dan Sedekah pada Baznas Kabupaten Nunukan, Alisa meyampaikan patokan besaran zakat fitrah berdasarkan harga beras di Kabupaten Nunukan, untuk tahun ini ada perbedaan dari tahun sebelunya karena dibagi menjadi tiga katagori yakni kategori A sebesar Rp45 ribu, kategori B Rp40 ribu dan kategori C Rp35 ribu.

Baca Juga :  Siap Amankan Pilkda, AKBP Bonifasius Rumbewas Jabat Kapolres Nunukan

“Bukan kami yang menentukan, tapi ini sesuai dengan kesepakatan bersama Kemenag Kabupaten Nunukan, Pemkab Nunukan serta sejumlah tokoh agama di daerah ini yang berlangsung pada Selasa (6/2/2024) lalu, dengan mengambil acuan patokan harga beras yang beredar di pasaran,” kata Alisa kepada benuanta.co.id pada Jumat, 15 Maret 2024.

Dia juga menjelaskan kategori A diperuntukkan kepada masyarakat yang mengkonsumsi beras dengan harga Rp18 ribu per kilogram, kategori B untuk masyarakat yang mengkonsumsi beras seharga Rp16 ribu perkilogram dan begitu juga untuk kategori C masyarakat yang mengkonsumsi beras dengan harga Rp14 ribu per kilogram.

Baca Juga :  104 PMI Bermasalah Dideportasi ke Tanah Air, Dominan Warga Kaltara

Zakat Fitrah per jiwa yang dikeluarkan tahun ini sedikit ada perubah dari pada tahun sebelunya karena saat itu hanya dibagi untuk dua kategori saja yakni sebesar Rp40 ribu untuk nilai rupiah tertinggi dan sebesar Rp35 ribu untuk nilai terendahnya.

“Harga beras saat ini mengalami kenaikan, walaupun begitu dari hasil rapat kami diambilah kebijakan dengan menambah satu kata gori, dengan harga beras Rp45 ribu per jiwa, karena memang ada di antara masyarakat kita yang mengkonsumsi beras dengan harga sebesar Rp18 ribu per kilogram,” tutupnya. (*)

Baca Juga :  Warga Terbantu Adanya Pasar Murah di Nunukan

Reporter: Darmawan

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2703 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *