Jaring Bibit Baru, Polda Kaltara Gelar Pertandingan Judo

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Polda Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar kejuaraan Judo Kapolda Kaltara Cup di Gedung Tenis Indor, Bulungan pada Jumat (8/3/2024).

Kapolda Kaltara, Irjen Pol Daniel Adityajaya mengatakan pertandingan Kapolda Cup ini sebenarnya dijadwalkan pada Agustus 2023 lalu.

“Tapi, karena kesibukan dan persiapan pemilu sehingga ditunda,” katanya.

Kebetulan, saat ini ada sedikit waktu sebelum lebaran, maka dilaksanakan pertandingan ini tentunya banyak manfaat didapatkan, salah satunya dapat meningkatkan kemampuan bela diri.

“Kita harus memiliki kemampuan perorangan, kelompok dan satuan, apalagi menjelang pemilihan umum (pemilu) tahun 2024, tantangan kita semakin besar,” ungkapnya.

Lanjutnya, tujuan diadakan ajang olahraga ini, sebagai bentuk pengembangan olahraga Judo di Kaltara. Mencari bibit-bibit baru, invent olahraga ini tidak hanya khusus pada anggota Polri tapi juga melibatkan masyarakat secara umum.

Baca Juga :  Wakapolda Kaltara Pimpin Upacara Pembukaan Pendidikan Bintara Polri Gelombang II

“Khususnya anak-anak yang masih muda. Jadi, harapannya nanti kedepan bisa dilanjutkan, sehingga diadakan piala bergilir. Tahun depan, mesti diadakan kembali,” terangnya.

Olahraga ini diperuntukkan terhadap generasi muda, fungsi lainnya mereka dapat mengasah minat dan bakatnya dalam berolahraga dan menghindari segala bentuk perbuatan yang melanggar hukum.

“Olahraga ini penting, sehingga generasi muda kita tidak terlibat dalam hal yang aneh-aneh, juga dapat meningkatkan kemampuan diri perorangan,” tuturnya.

Olahraga ini, untuk tahun depan tetap dilaksanakan. Hanya saja, berkaitan dengan lokasinya kata Kapolda itu belum ditentukan mengingat pertandingan belum selesai dan itu akan dilihat ke depannya.

Baca Juga :  Tim Srikandi Judo Polda Kaltara Raih Berbagai Medali di Judo Kapolri Cup 2024

“Kita belum tahu, nanti dilihat yang jelas tetap di Kaltara, kalau setelah Bulungan, iya pasti di Tarakan,” sebutnya.

Pertandingan ini, dilibatkan oleh berbagai peserta, baik dari satuan polri maupun masyarakat secara umum. Kelas pertarungan putra, terdiri dari 55,56,60,66,73 dan 81 kilo. Pertarungan perempuan kelas, 45,48,52,57,63 dan 70 kilo.

“Terdiri dari atlet Polri 149 orang, dan atlet umum 43 orang, data ini merupakan update pada 2 maret 2024,” tambah Kabid Humas Polda Kaltara, Kombes Pol Budi Rachmat.

Selain itu, juga dilibatkan peserta dari seluruh polres jajaran, Polresta Bulungan, Polres Tana Tidung, Tarakan, Malinau dan Nunukan. Secara terpisah, Ketua KONI Kaltara, Mohammad Nasir mengapresiasi adanya gelaran Kapolda Cup. Karena, dengan begitu nantinya dapat ditracing bibit atlet judo di Kaltara.

Baca Juga :  Tingkatkan Kepercayaan Publik, Polda Kaltara Publikasikan Grand Desain Rencana Pembangunan Infrastruktur Polda Kaltara 

“Dari hasil pertandingan ini, nantinya akan dilihat atlet yang akan diikutsertakan dalam Porprov atau Pra Pon sekaligus PON berikutnya,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2637 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *