Jasa Pengurusan Transportasi Hadir di Nunukan

benuanta.co.id, NUNUKAN – Jasa Pengurusan Transportasi (JPT) mewakili kepentingan pemilik barang dengan tugas poko dan fungsi (Tupoksi) pengiriman dan penerimaan, bongkar muat penyimpanan termasuk penyelesaian dokumen.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor KSOP Nunukan, Zainal Abdul Rahman, dia juga menyampaikan JPT sebelum diluncurkan telah di uji coba, dan ada 5 yang mendapatkan rekomendasi memiliki izin dari pemerintah provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

JPT ini juga memiliki tugas pengiriman, penerimaan, bongkar muat, pengepakan, penandaan, pengukuran, penimbangan pengurusan, penyelesaian dokumen , termasuk penerbitan dokumen angkutan, pemesanan ruang angkut, kelembagaan asuransi pengiriman barang dan lainnya.

Baca Juga :  Tiga Pelajar Nunukan Wakili Kaltara di Ajang FLS2N 2024

“Ini sesuai dengan aturan menteri perhubungan nomor 59 tahun 2021,” kata Zainal, kepada benuanta.co.id, Kamis, 7 Maret 2024.

Pemilik barang tidak lagi repot menghubungi satu persatu, karena selama ini pemilik barang selalu menghubungi pemilik truk, dan sortir, pengirim. Dengan adanya JPT hal itu tidak lagi perlu dilakukan oleh pemilik barang tapi sudah menerima beres.

“Dengan adanya JPT akan lebih tertata dengan baik, kita juga meminta mereka membuat sistem operasional sesuai dengan SOP yang nantinya melibatkan Pelindo,” jelasnya.

Baca Juga :  Pindah Domisili Tak Lagi Pakai Surat Pengantar RT

Ketua Asosiasi Logistik Dan Forwarder Indonesia (ALFI) Cabang Nunukan, Sumari menjelaskan akan berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Bea Cukai, Satlantas, KSOP, dan Pelindo, Perhubungan, Perdagangan dan lainnya.

“Jangan sampai JPT mengangkut barang yang dilarang, termasuk jika ada yang naik diatas truk saat beroperasi, itu akan kita tertibkan bersama dengan instansi terkait,” ujarnya.

Hal itu dilakukan agar semuanya bisa berjalan dengan aman dan tertib, untuk meminimalisir angka kecelakaan pada saat bekerja di kawasan Pelabuhan Tunon Taka Taka Nunukan.

Baca Juga :  Siap Amankan Pilkda, AKBP Bonifasius Rumbewas Jabat Kapolres Nunukan

Sedangkan armada yang disiapkan mulai dari Pelindo sebanyak 10 truk, Tunon Taka 41 truk, logistik Borneo ada 6 truk, Acakan Timu 26 truk dan sejahtera ada 6 truk, sekitar 89 truk yang siap sedia.(*)

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2703 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *