Dukung Pameran Produk Unggulan, Bupati Bulungan Libatkan DPMPTSP Permudah Izin Usaha

TANJUNG SELOR – Bupati Kabupaten Bulungan, Syarwani tutup Kegiatan Gelar Produk Unggulan Kecamatan Tanjung Selor yang sempat berlangsung selama dua hari dari tanggal 1 hingga 2 Maret 2024.

Saat menutup kegiatan itu Syarwani mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh camat beserta jajarannya, termasuk seluruh kepala desa se-Tanjung Selor yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan itu.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1911 votes

“Tentu kegiatan yang kita laksanakan ini. Merupakan bagian yang tak terpisahkan dari wujud pelaksanaan 15 program prioritas, dari kegiatan ini kita bisa melihat produk unggulan yang dihasilkan oleh masyarakat pelaku UMKM di Tanjung Selor,” kata Syarwani pada Senin, 4 Maret 2024.

Ia mengungkapkan Kegiatan ini merupakan panggung bagi UMKM untuk menampilkan produk unggulannya. Dimana hal ini sejalan dengan kebijakan Pemprov Kaltara yang selalu ingin memasarkan produk lokal Daerah.

“Kita berharap kegiatan serupa tidak hanya digelar setahun sekali. Saran saya bukan hanya pada momentum tertentu saja, kegiatan bisa dilaksanakan bukan hanya di Lapangan Agathis. Bisa juga di space (ruang) Tugu Cinta Damai bisa kita gunakan,” ungkapnya.

Dalam mendorong peningkatan kualitas produk khas Daerah, Syarwani membeberkan pihaknya akan berkolaborasi dengan OPD terkait, seperti Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Bulungan dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bulungan juga telah melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) sekaligus pengawasan pada pelaku UMKM berbasis risiko. Untuk memastikan para pelaku usaha di Bulungan memiliki legalitas dalam usahanya untuk lebih memantapkan dalam berusaha.

“Kita ingin OPD terkait dapat menginventarisasi kembali para pelaku UMKM. Agar dibantu menyangkut aspek perizinan legal berusaha. Karena ini sangat penting sehingga produk yang dihasilkan ini benar-benar dalam pengawasan dan sesuai ketentuan serta regulasi yang berlaku,” bebernya.

Mendekati bulan suci Ramadan 1445 Hijriah tahun 2024, yang tinggal beberapa hari lagi. Bupati berharap para pelaku UMKM Bulungan juga selalu memanfaat teknologi dalam pemasaran produknya agar memperluas jangkauan pemasarannya.

“Karena hari ini kita sudah mengarah pada pemasaran berbasis teknologi. Tidak perlu berhadapan langsung semua dapat dipesan melalui handphone,” pungkasnya.(adv)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *