Hadiri Rakernas Apkasi ke-16, Pemda Bulungan Tampilkan Progres PSN, Produk UMKM hingga Punan Batu Benau

JAKARTA – Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd.M.Si didampingi beberapa pimpinan perangkat daerah menghadiri acara Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-16 Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/24).

Selain Rakernas, Apkasi ke-16 tahun 2024 juga menyelenggarakan Apkasi Otonomi Expo 2024 dan Apkasi Procurement Network 2024 yang dilaksanakan selama 3 hari dari Rabu—Jum’at, 10–12 Juli 2024 dan penutupan akan dilaksanakan pada hari Jum’at 12 Juli 2024, Pukul 15.00-17.00 WIB bertempat di Panggung Hall B, Jakarta Convention Centre, Senayan Jakarta.

Rakernas dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo. Dalam acara pembukaan ini, Presiden Jokowi turut didampingi Ketua Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Baca Juga :  Rakor Camat se-Kabupaten Bulungan, Bupati Perintahkan Pengadaan Damkar Tiap Kecamatan

Dalam sambutanya Presiden Jokowi menyampaikan bahwa masa 5 tahun yang lalu adalah periode yang tidak mudah, banyak kendala baik dari segi Kesehatan, Ekonomi, Pangan, Geopolitik, Kemanusiaan, dan Lingkungan.

Namun demikian ekonomi Indonesia mampu bertahan dan tetap tumbuh menyentuh angka 5.11 persen di kuartal pertama tahun 2024 dan Pengendalian angka Inflasi di bulan Juni tahun 2024 menurun di angka 2.5 persen. Serta daya saing negara Indonesia naik di angka 27 diantara negara lainya dan ini merupakan kenaikan tertinggi dari negara lainnya.
Ketua Umum APKASI Sutan Riska menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi Kepada Presiden Jokowi yang selalu memberikan perhatian kepada APKASI dan selalu hadir dalam setiap rangkaian kegiatan besar APKASI.

Baca Juga :  Rakor Camat se-Kabupaten Bulungan, Bupati Perintahkan Pengadaan Damkar Tiap Kecamatan

Tujuan dari dilaksanakannya Rakernas APKASI 2024 ini selain untuk mengevaluasi program kerja organisasi dan menetapkan arah kebijakan Program Kerja APKASI tahun 2025. Juga akan menyusun rekomendasi strategis kepada Pemerintah dan DPR RI terkait sinkronisasi kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Sedangkan tujuan pelaksanaan APKASI Otonomi Expo tahun 2024, bertujuan untuk mempromosikan berbagai produk unggulan Daerah, aneka komoditi dan peluang investasi perdagangan dan destinasi wisata guna meningkatkan perekonomian daerah dan APKASI Procurement Network yang diselenggarakan secara berkala. Bertujuan untuk meningkatkan serapan anggaran Pemerintah Daerah melalui belanja barang jasa pemerintah dan juga merupakan dukungan APKASI untuk mewujudkan gerakan bangga menggunakan produk dalam negeri.

Baca Juga :  Rakor Camat se-Kabupaten Bulungan, Bupati Perintahkan Pengadaan Damkar Tiap Kecamatan

Acara kemudian dilanjutkan dengan arahan Menteri Dalam Negeri terkait PILKADA serentak.

Usai mengikuti seluruh rangkain Rakernas APKASI ke 16, Bupati Bulungan Syarwani beserta rombongan berkunjung ke stand Kabupaten Bulungan serta stand peserta APKASI kabupaten lain dari seluruh penjuru nusantara yang hadir di acara tersebut.
“Stand kita menampilkan berbagai progress pembangunan proyek strategis nasional yang ada di Bulungan. Produk unggulan UMKM, kesenian hingga tradisi masyarakat kita, termasuk keberadaan masyarakat Punan Batu Benau agar lebih dikenal ditingkat nasional,” kata bupati.(adv

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2563 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *