Pengunjung Museum Umum Tarakan Alami Lonjakan Pengunjung, Ini Sebabnya

benuanta.co.id, TARAKAN – Pengunjung Museum Umum Kota Tarakan mengalami peningkatan pengunjung setelah dilakukan renovasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan.

Salah satu destinasi wisata di Tarakan ini, mengalami lonjakan penumpang hingga seribu lebih pengunjung perbulan dengan kunjungan 100 lebih orang perharinya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Adat Tidung dan Museum Sejarah Tarakan, Aziz Baderuddin mengungkapkan renovasi yang dilakukan memang bertujuan untuk menggaet pengunjung.

Baca Juga :  Median Jalan Jenderal Sudirman Dipercantik

“Pengunjung ada peningkatan melebihi 100 persen setelah museum di renovasi. Januari ini 1.300-an dalam sehari bisa saja seratusan (Orang yang datang),” ujar Aziz beberapa waktu lalu.

Ia sendiri tidak memungkiri jika lonjakan pengunjung tersebut dikarenakan adanya suasana baru di museum tersebut setelah direnovasi. Ia mengakui jika bentuk museum yang sebelumnya memiliki konsep monoton dan kurang menarik apalagi untuk di kunjungi oleh anak-anak sekolah.

Baca Juga :  Seni Reog Ponorogo Margo Mulyo dan Jaranan Margo Budoyo Gelar Grebeg Suro Bulan Purnama

Seiring dengan naiknya jumlah orang yang mengunjungi museum pihaknya pun mengakui terdapat kenaikan retribusi untuk pengunjung yang datang ke museum umum tersebut.

“Retribusi kalau anak sekolah, kuliah naik sekitar Rp 5 ribu perorangan kalo dewasa atau umum Rp 10 ribu dan wisatawan asing Rp 20 ribu,” ungkapnya.

“Kami buka dari jam 8 setiap hari kecuali tanggal merah hari libur nasional atau keagamaan,” tutupnya.(*)

Baca Juga :  Jaga Kebersihan Udara, Pemkot Tarakan Ajak Masyarakat Ramaikan CFD

Reporter: Sunny Celine

Editor: Ramli 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2637 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *