Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Nunukan Ditarget Rampung dalam 3 Hari

benuanta.co.id, NUNUKAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nunukan mulai melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 tingkat Kabupaten Nunukan pada Jumat, 1 Maret 2024.

Ketua KPU Nunukan, Rahman mengatakan berdasarkan tahapan Pemilu, pelaksanaan rekapitulasi tingkat Kabupaten atau Kota dilaksanakan pada 1 Maret hingga 5 Maret mendatang.

“Memang untuk batas akhirnya itu sampai 5 Maret, tapi kalau kita targetkan dalam tiga hari ini sudah selesai semuanya,” kata Rahman kepada benuanta.co.id, Jumat (1/2/2024).

Baca Juga :  Bawaslu Berau Antisipasi Kerawanan Pilkada, Ini Masalah yang Diantisipasi

Rahman mengungkapkan, dari hasil rekapitulasi sementara hingga pukul 12.00 Wita, rekapitulasi perhitungan perolehan suara presiden baru 5 Kecamatan yang diselesaikan dari total 21 Kecamatan yang ada di Kabupaten Nunukan.

Sementara itu, untuk urutan rekapitulasi penghitungan suara dimulai dari Presiden lalu DPR RI, DPD, DPRD provinsi Kaltara dan terkahir DPRD Kabupaten Nunukan.

Nantinya setelah proses rekapitulasi perhitungan perolehan suara selesai dilaksanakan dan para peserta maupun saksi bisa menerima hasilnya maka akan di Lanjutkan dengan penetapan perolehan suara.

Baca Juga :  Golkar Terbitkan Surat Dukungan Pilgub se-Nasional, Ada Nama Zainal Paliwang-Ingkong Ala

“Nanti setelah kita tetapkan disini maka akan kita serahkan ke KPU Provinsi,” ungkapnya.

Dikatakannya, untuk proses rekapitulasi ditingkatkan Provinsi akan dilaksanakan pada 6 Maret hingga 8 Maret. Bahkan Rahman mengatakan jika untuk KPU KTT, Bulungan dan Malinau itu selesai dan sudah diserahkan ke KPU Provinsi, sementara untuk KPU Tarakan prose rekapitulasi tingkat kabupaten baru akan dilaksanakan pada 3 Maret mendatang.

Baca Juga :  Gibran Sebut Belum Ada Kepastian Pemangkasan Anggaran Makan Bergizi

“Sejauh ini kalau untuk proses rekapitulasi perhitungan suara semuanya berjalan dengan lancar tanpa ada kendala, dan juga mendapat pengawalan ketat dari pihak Kepolisian,” pungkasnya. (*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2630 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *