Pemprov Kaltim Ambil Langkah Serius dalam Pencegahan Karhutla

benuanta.co.id, BERAU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) mengambil langkah serius dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Berau. Mengenai hal itu, Dinas Kehutanan Kaltim melakukan Sosialisasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2024 yang dilaksanakan di Palmy Exclusive Hotel Kamis (29/2/2024).

Acara itu dihadiri oleh berbagai pihak terkait menyoroti pentingnya kerjasama lintas sektor dalam menjaga kelestarian lingkungan. Pelaksana Pengelola Data Seksi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Dinas Kehutanan Kaltim, Irawandi menyebutkan keseriusan dengan semua pihak dan OPD terkait dalam menghadapi masalah kebakaran hutan dan lahan sangat penting.

“Salah satu poin penting dalam sosialisasi ini adalah penekanan pada peran aktif masyarakat dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan dengan cara mengedukasi,” ucapnya Kamis (29/2/2024).

Ia berharap melalui edukasi yang komprehensif, masyarakat dapat lebih memahami pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan cara-cara untuk mencegah kebakaran.

“Selain itu, peran masyarakat dalam pelaporan dini juga diangkat sebagai strategi utama dalam mengurangi risiko kebakaran,” ungkapnya.

Baca Juga :  Kualitas Pelayanan RSUD dr. Abdul Rivai Disorot

Sementara itu, Kepala Pelaksanaan BPBD Kabupaten Berau, Masyhadi Muhdi mengatakan sosialisasi ini merupakan bentuk dari upaya dari Pemerintah Kabupaten Berau dalam penguatan regulasi dan penegakan hukum yang lebih ketat dalam menghadapi masalah kebakaran hutan dan lahan.

“Pentingnya kolaborasi dengan berbagai instansi terkait, termasuk kepolisian, Dinas Lingkungan Hidup, dan komunitas lokal dalam mengawal implementasi regulasi dan penegakan hukum yang lebih ketat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Wilayah 3 Balai PPI Kaltim Kaltara, Zulkarnain mengatakan sosialisasi ini juga menjadi momentum untuk menggali solusi inovatif dalam menghadapi tantangan kebakaran hutan dan lahan.

Baca Juga :  Jawab Keluhan Bupati, Manajemen RSUD Abdul Rivai Bentuk Layanan Sapa Aku

“Semua pihak sepakat bahwa upaya pencegahan dan penanganan kebakaran harus menjadi prioritas bersama demi menjaga keberlanjutan lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Kendati demikian, pihaknya bakal melakukan sinergitas bersama beberapa pihak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Kabupaten Berau.

“Dengan sinergi yang terjalin dengan berbagai pihak dan OPD terkait, diharapkan Kabupaten Berau dapat menjadi contoh dalam pengelolaan hutan dan lahan yang berkelanjutan dan dapat mengurangi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *