Bulog Pusat Salurkan Bantuan Pangan Serentak di Tarakan

benuanta.co.id, TARAKAN – Badan Urusan Logistik (Bulog) Pusat menyalurkan Bantuan Pangan Tahap III secara serentak ke seluruh Kecamatan di Kota Tarakan pada Selasa,  27 Februari 2024.

Bantuan tersebut berupa bantuan beras Bulog 10 kilogram. Sasaran penerimaan bantuan tersebut merupakan masyarakat dengan ekonomi kelas bawah.

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Gunung Lingkas, Danny mengungkapkan pembagian bantuan ini merupakan bantuan bulan ke dua atau bulan Februari, dan akan direncanakan terus dilakukan pendistribusian selama enam bulan ke depan.

“Kondisi beras saat ini sedang naik, pendistribusian beras yang dilakukan hari ini memang sudah waktunya tiba kuotanya sehingga momennya bersamaan terjadi,” ujar Danny, Selasa (27/2/2024).

Baca Juga :  Sosialisasi Manfaat Program bagi Apotek dan Klinik se-Kabupaten Bulungan

Lanjutnya, sebelum adanya kenaikan harga beras, program ini pun sudah berlangsung bahkan pada tahun 2023 bantuan ini sudah berjalan tujuh bulan.

Disinggung mengenai data penerima, ia mengungkapkan para penerima bantuan sudah di data langsung dari Bulog pusat. Sehingga pihaknya hanya membagikan dan memberikan informasi kepada yang bersangkutan.

“Kami tinggal bagikan, informasikan melalui RT. Ini program lanjutan, jadi ini sudah masuk bulan ke-9. Tapi di 2024, ini bulan kedua bantuan pangannya,” terang Danny.

Baca Juga :  Jokowi Terbitkan Perpres Distribusi Izin Tambang untuk Ormas Keagamaan

Ia menjelaskan beras bantuan pangan sendiri ini dialokasi dari Bulog pusat yang bekerja kerja sama dengan penyalur melalui Kantor Pos Tarakan dan kelurahan yang menjadi lokasi penyaluran.

“Harapan kami sih satu hari ini (Selasa) sudah selesai. Karena sampai jam 10.00 WITA sudah 100-an yang mengambil. Kalau diwakilkan boleh sepanjang dia memenuhi syarat misal satu KK. Syaratnya bawa KK dan KTP,” jelasnya.

Terkait hal tersebut, salah satu penerima bantuan di Kelurahan Gunung Lingkas, Masita membenarkan adanya bantuan tersebut. Ia mengungkapkan ras syukurn karena bisa menjadi salah satu penerima bantuan beras tahun ini.

Baca Juga :  Jokowi Terbitkan Perpres Distribusi Izin Tambang untuk Ormas Keagamaan

Ia sangat terbantu melihat kondisi harga beras yang melambung saat ini, Bantuan beras tersebut cukup menolong kebutuhannya sehari-hari.

“Hari ini mau ambil beras. Dikabari dari Pak RT. Bulan Januari kemarin terima juga. Alhamdulillah sangat terbantu sama bantuan berasnya ini apalagi harga beras naik,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2681 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *