RSUD Abdul Rivai Sediakan Ruang Khusus Caleg Gagal

benuanta.co.id, BERAU – Sebagai antisipasi lonjakan pasien gangguan mental usai Pemilu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Abdul Rivai Tanjung Redeb menyediakan  kamar khusus bagi calon legislatif (caleg) yang mengalami gangguan kejiwaan.

“Ruangan khusus disiapkan untuk perawatan caleg yang depresi akibat gagal dalam Pemilu 2024,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau, Lamlay Sari pada Sabtu (17/2/2024).

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1915 votes

Dinkes melalui Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) telah melakukan koordinasi dengan RSUD dr Abdul Rivai Berau.

Baca Juga :  Bupati Berau Beri Paket Lebaran Kepada WBP Rutan Tanjung Redeb

“Koordinasi tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya caleg yang mengalami gangguan kejiwaan akibat gagal dalam Pemilu 2024,” tuturnya.

Sebab menurutnya, RSUD Abdul Rivai sendiri memiliki satu ruangan yang tersedia sebagai ruangan pelayanan rawat inap, termasuk ruang isolasi.

“Ruangan tersebut nantinya akan digunakan untuk mengakomodasi jika ada kasus gangguan kejiwaan,” paparnya.

Lalu menurutnya dengan RSUD Abdul Rivai saja, Dinas Kesehatan Berau juga sudah melakukan koordinasi dan akan melibatkan seluruh puskesmas yang ada di setiap kecamatan di Kabupaten Berau.

Baca Juga :  Bupati bersama PWI Berau Berbagi Makan Sahur dan Bingkisan ke Ojol

“Sudah kami diskusikan bersama puskesmas setempat dan masyarakat juga pasti akan kami libatkan,” ungkapnya.

Kendati demikian, pihaknya menjelaskan dengan ada hal itu, RSUD Abdul Rivai Tanjung Redeb serta Dinkes siap menghadapi jika ada caleg yang terkena gangguan kejiwaan setelah mengikuti Pemilu 2024.

“Kita sudah mengantisipasi hal itu, dan kami juga meminta kepada masyarakat. Khususnya keluarga dekat untuk bisa melaporkan ke pada pihaknya jika memang ada kejadian seperti itu,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Pembangunan Gapura Kilo 5 Kembali Dilanjutkan

Reporter: Georgie

Editor: Nicky Saputra 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *