RSUD Abdul Rivai Sediakan Ruang Khusus Caleg Gagal

benuanta.co.id, BERAU – Sebagai antisipasi lonjakan pasien gangguan mental usai Pemilu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Abdul Rivai Tanjung Redeb menyediakan  kamar khusus bagi calon legislatif (caleg) yang mengalami gangguan kejiwaan.

“Ruangan khusus disiapkan untuk perawatan caleg yang depresi akibat gagal dalam Pemilu 2024,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau, Lamlay Sari pada Sabtu (17/2/2024).

Dinkes melalui Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) telah melakukan koordinasi dengan RSUD dr Abdul Rivai Berau.

Baca Juga :  Langgar Kode Etik Polri, Personel Polres Berau di PTDH

“Koordinasi tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya caleg yang mengalami gangguan kejiwaan akibat gagal dalam Pemilu 2024,” tuturnya.

Sebab menurutnya, RSUD Abdul Rivai sendiri memiliki satu ruangan yang tersedia sebagai ruangan pelayanan rawat inap, termasuk ruang isolasi.

“Ruangan tersebut nantinya akan digunakan untuk mengakomodasi jika ada kasus gangguan kejiwaan,” paparnya.

Lalu menurutnya dengan RSUD Abdul Rivai saja, Dinas Kesehatan Berau juga sudah melakukan koordinasi dan akan melibatkan seluruh puskesmas yang ada di setiap kecamatan di Kabupaten Berau.

Baca Juga :  Punya Kebun Cokelat Sejak 2002 dan Dapat Pembinaan Penuh dari PT Berau Coal

“Sudah kami diskusikan bersama puskesmas setempat dan masyarakat juga pasti akan kami libatkan,” ungkapnya.

Kendati demikian, pihaknya menjelaskan dengan ada hal itu, RSUD Abdul Rivai Tanjung Redeb serta Dinkes siap menghadapi jika ada caleg yang terkena gangguan kejiwaan setelah mengikuti Pemilu 2024.

“Kita sudah mengantisipasi hal itu, dan kami juga meminta kepada masyarakat. Khususnya keluarga dekat untuk bisa melaporkan ke pada pihaknya jika memang ada kejadian seperti itu,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Rumah dan Gudang Terbakar di Teluk Bayur

Reporter: Georgie

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2670 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *