KPU Minta Masyarakat Tunggu Hasil Resmi Rekap Manual

benuanta.co.id, BULUNGAN – Walaupun pemilihan umum telah selesai, terutama dalam pemungutan suaranya. Namun, yang ditunggu-tunggu saat ini adalah hasilnya.

Tentunya ada yang merasa puas karena mendapatkan hasil suara yang maksimal, tapi ada juga khawatie karena belum dapat memenuhi suara yang semestinya agar dapat duduk sebagai wakil rakyat, selain itu juga pasti yang kecewa.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1941 votes

Ketua KPU Provinsi Kaltara, Suryanata Al-Islami mengekspresikan kekhawatirannya dalam pemilihan umum. Dia menyarankan agar semua pihak menunggu hasil resmi rekap manual dan tidak berspekulasi tentang hasil perhitungan cepat yang sudah dikeluarkan.

“Meskipun sudah ada hasil perhitungan sementara, hasilnya masih sifatnya sementara dan belum final. Hal ini tergantung dari input dari teman-teman penyelenggara di bawah. KPU juga menemui kendala pada aplikasi SIREKAP yang bisa mempengaruhi hasil perhitungan,” ucapnya, Kamis, 15 Februari 2024.

Namun, Suryanata Al-Islami meminta masyarakat untuk tidak khawatir. Dia mengingatkan agar semua bersama-sama menjaga hasil perhitungan dan tetap mengawasi proses tersebut. Hal ini diperlukan karena pemilihan umum adalah sebuah proses yang sangat fluktuatif, menjadikannya tidak mudah untuk memperkirakan hasil akhir.

“Tapi tidak perlu khawatir walaupun SIREKAP belum bisa diinput. Namun mari kita kawal bersama-sama,” tuturnya.

Dia menjelaskan perlu menahan diri agar tidak mengambil tindakan yang salah dan mempercayai informasi tidak resmi. Bahkan, Ketua KPU provinsi mencatat bahwa hasil perhitungan yang ditangkap oleh warga melalui foto bisa sangat berguna untuk menguji keabsahan hasil perhitungan.

“Saya pantau saat proses perhitungan itu warga beramai-ramai mengabadikan dengan foto. Jadi saat KPU mau melakukan perubahan warga sudah punya hasil perhitungan yang tertempel pada plano,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *