Ketua KPU Kaltara Ingatkan Warga Bawa KTP Datang ke TPS

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta masyarakat untuk datang memilih pada pemilihan umum (Pemilu) di tanggal 14 Februari 2024. Terlebih masyarakat yang telah masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) dipastikan 3 hari sebelum pencoblosan telah menerima form C pemberitahuan.

Menurut Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al-Islami, biasa yang terjadi, ketika tidak menerima form C pemberitahuan maka tidak mau memilih. Ketika pendistribusian surat ini dan orang yang bersangkutan tidak di tempat, maka diharapkan untuk berkoordinasi dengan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Baca Juga :  DPW PKS Kaltara Beri Dukungan ke Zainal-Ingkong untuk Menangkan Pilgub

“Kami sebenarnya tidak mau mendistribusikan C-6 ini secara serampangan atau diberikan bukan kepada pemiliknya. Takut disalahgunakan,” ucap Suryanata kepada benuanta.co.id, Selasa, 13 Februari 2024.

Begitu juga ketika sudah hari pencoblosan, tapi belum memegang form C pemberitahuan, padahal pemilih sudah terdaftar di DPT. Dirinya pun mempersilahkan pemilih tetap datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik.

Baca Juga :  Dengarkan Aspirasi Nelayan, KNTI Apresiasi Respons Cepat Gubernur Zainal

“Ketika datang ke TPS jangan lupa periksa nama yang tertempel di setiap TPS dan ketika ada silakan lapor ke KPPS. Tidak dapat C Pemberitahuan buka berarti tidak boleh datang ke TPS,” terangnya.

Pihaknya pun tidak mempersulit pemilih, ketika lupa bawa KTP namun memiliki Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang terdapat dalam aplikasi pada handphone Android, maka IKD ini dapat digunakan.

Baca Juga :  Presiden Jokowi berikan fasilitas Golden Visa untuk Shin Tae-yong

“Tapi sebaiknya untuk menghindari perdebatan di TPS. Saran kita agar membawa KTP elektronik,” tutupnya.(*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2703 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *