Ketua KPU Kaltara Ingatkan Warga Bawa KTP Datang ke TPS

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta masyarakat untuk datang memilih pada pemilihan umum (Pemilu) di tanggal 14 Februari 2024. Terlebih masyarakat yang telah masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) dipastikan 3 hari sebelum pencoblosan telah menerima form C pemberitahuan.

Menurut Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al-Islami, biasa yang terjadi, ketika tidak menerima form C pemberitahuan maka tidak mau memilih. Ketika pendistribusian surat ini dan orang yang bersangkutan tidak di tempat, maka diharapkan untuk berkoordinasi dengan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Baca Juga :  Disdukcapil Kaltara Tahun Ini akan Gelar Isbat Nikah

“Kami sebenarnya tidak mau mendistribusikan C-6 ini secara serampangan atau diberikan bukan kepada pemiliknya. Takut disalahgunakan,” ucap Suryanata kepada benuanta.co.id, Selasa, 13 Februari 2024.

Begitu juga ketika sudah hari pencoblosan, tapi belum memegang form C pemberitahuan, padahal pemilih sudah terdaftar di DPT. Dirinya pun mempersilahkan pemilih tetap datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik.

Baca Juga :  Program DPM Dibuka untuk Pekerja Pelaut di Bulungan, Ini Persyaratannya

“Ketika datang ke TPS jangan lupa periksa nama yang tertempel di setiap TPS dan ketika ada silakan lapor ke KPPS. Tidak dapat C Pemberitahuan buka berarti tidak boleh datang ke TPS,” terangnya.

Pihaknya pun tidak mempersulit pemilih, ketika lupa bawa KTP namun memiliki Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang terdapat dalam aplikasi pada handphone Android, maka IKD ini dapat digunakan.

Baca Juga :  Menhan Prabowo Sebut RSPPN Rumah Sakit Militer Terbesar di Indonesia

“Tapi sebaiknya untuk menghindari perdebatan di TPS. Saran kita agar membawa KTP elektronik,” tutupnya.(*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *