Heboh! Buaya Ompong Panjang Hampir 5 Meter Masuk Pemukiman Warga, Rencana Dibawa ke Tarakan

benuanta.co.id, BERAU – Warga Kampung Sukan Tengah, Kecamatan Sambaliung dibuat heboh karena ada buaya ukuran 4 meter lebih melintas masuk parit pemukiman setempat.

Kepala SKW I BKSDA Kaltim-Berau Muhammad Ilyas pun menjelaskan berdasarkan keterangan saksi mata pertama yang melihat melapor padanya, buaya muncul dalam kondisi menyantap hewan peliharaan warga.

“Informasi dari masyarakat yang melintas ada buaya di Kampung Sukan Tengah di parit tepian jalan. Infonya warga melihat habis makan anjing,” ucapnya Senin (12/2/2024).

Baca Juga :  Bupati Klaim Telah Realisasikan 18 Program Kerja, DRPD Siap Kawal hingga Tuntas

Upaya yang sudah dilakukannya yaitu melibatkan tim BPBD Berau dan warga untuk mengevakuasi buaya.

“Kita tadi evakuasi bareng warga, BPBD, Babinsa juga. Buaya sudah diamankan panjangnya 4,77 meter,” kata dia.

Rencana buaya tersebut akan dibawa ke Kota Tarakan. “Rencananya kita akan bawa ke penangkaran buaya di Tarakan. Kondisi buaya giginya sudah ompong,” imbuhnya.

Meski sudah berhasil dievakuasi, menurut dia, proses pengantaran buaya dari Berau naik kapal.

Baca Juga :  ODGJ dan Lansia di Tabalar Jadi PR 'Besar' Dinas Sosial Berau

“Biasanya kami kirim buaya ke penangkaran gunakan kendaraan khusus lalu ikut jalur via kapal. Nanti kita juga lihat menyesuaikan jadwal kapal reguler yang ada,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Kampung Sukan Tengah Bunyamin menambahkan kejadian buaya tersebut ketemu tepatnya di Satuan Pemukiman (SP) 4 Jalan Ambarawa RT 12.

“Karena adanya hujan terus menerus lalu banjir, buaya tersebut mengikuti alur air di parit-parit yang sudah dibersihkan oleh warga pemukiman situ,” tegasnya.

Baca Juga :  Pulau Maratua Disarankan Harus Ada Warning Sistem dan Posko Bencana

Lantaran usai terhimpit dalam parit pemukiman warga buaya yang ditemukan, banyak masyarakat melapor.

“Dan saya sudah lanjutkan ke BKSDA, ini baru selesai dievakuasi. Jenis buaya tadi betina sudah tua tidak ada giginya. Dan tidak ada warga yang menjadi korban buaya tersebut,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *