Distribusi Logistik Dimulai, Prioritaskan Wilayah Terjauh

benuanta.co.id, Bulungan – Pendistribusian logistik di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) sudah mulai dilaksanakan jelang H-3 pemilihan umum (Pemilu) 2024, bahkan ada wilayah jauh hari telah dilakukan pengiriman logistik.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kaltara, Suryanata Al-Islami menjelaskan kondisi geografis Kaltara yang sangat luas tidak memungkinkan dilakukan pendistribusian pada hari yang sama. Tidak semua wilayah dapat diakses langsung dengan jalan darat, melainkan jalur udara dan lewat jalur sungai ataupun laut.

“Beberapa hari yang lalu kita sudah memulai distribusi logistik khususnya di Kabupaten Nunukan untuk 5 kecamatan di daerah Krayan pada 3 Februari 2024 lalu,” sebutnya kepada benuanta.co.id pada Senin, 12 Februari 2024.

Baca Juga :  Akses SIREKAP di Bulungan Kendala Jaringan

Setelah logistik tiba di Ibukota Kecamatan Krayan, Long Bawan selanjutnya didistribusikan ke 4 kecamatan yang lain antara lain Krayan Tengah, Krayan Selatan, Krayan Barat dan Krayan Timur.

Sementara di Kabupaten Malinau telah melakukan distribusi logistik pada tanggal 8 Februari 2024 diantaranya Kecamatan Sungai Boh, Kayan Selatan, Kayan Hulu, Kayan Hilir, Pujungan, Bahau Hulu, Sungai Tubu, Malinau Selatan Hulu, Malinau Selatan dan Mentarang Hulu.

Baca Juga :  Timnas AMIN Tunggu Rekapitulasi Suara Akhir dari KPU

“Daerah lainnya menyesuaikan, begitu juga di Nunukan. Untuk Kabupaten Bulungan, ini hari pertama pendistribusian bagi daerah terjauh dan besok dilanjut daerah terdekat,” ucapnya.

Kata dia, untuk Bulungan wilayah terjauh ada di Kecamatan Peso, Peso Hilir, Tanjung Palas Barat itu dapat ditempuh dengan jalan darat dan sungai. Lalu Kecamatan Sekatak dan Tanjung Palas Timur dapat ditempuh dengan jalan darat, sedangkan Kecamatan Bunyu hanya dapat diakses dengan jalur laut menggunakan speedboat.

“Malinau ini untuk wilayah terjauhnya, logistik harus dibawa ke Bulungan dulu lewat darat lalu menggunakan longboat ke Kecamatan Pujungan,” paparnya.

Baca Juga :  Hasto Sebut Hasil Pilpres 2024 tak Berdasarkan Hitung Cepat

“Sementara ke Kecamatan Bahau Hulu longboatnya tidak memungkinkan sampai kesana, makanya disiapkan ketinting untuk membawa logistik menuju ke Bahau Hulu,” ujarnya menambahkan.

Dia meminta selain mendistribusikan, petugas juga harus memperhatikan kondisi cuaca yang ada. Terpantau beberapa hari ini intensitas curah hujan yang tinggi.

“Kesiapan logistik kita sudah 100 persen clear,” pungkasnya. (*) 

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Nicky Saputra 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *