Abdul Rais Fatah, Putra Terbaik Asal Bulungan yang Dijadikan Nama RS Tingkat IV

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Rumah Sakit (RS) Tingkat IV Abdul Rais Fatah Tanjung Selor Kesdam VI/Mulawarman yang terdiri di kompleks Markas Komando Resor Militer (Makorem) 092/Maharajalila mempunyai histori atau sejarah singkat terkait penamaan rumah sakit tersebut.

Hal itu dikatakan Danrem 092/Maharajalila Brigjen TNI Adek Chandra Kurniawan, awalannya untuk pemberian nama rumah sakit adalah Hasan Basri, namun setelah dilakukan pengecekan nama tersebut sudah digunakan rumah sakit lain yang ada di Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel).

Namun setelah mencari dan bertanya kepada tokoh masyarakat dan ternyata, di Kabupaten Bulungan memiliki seorang putra terbaik bernama Serda (Anm) Abdul Rais Fatah yang lahir di Tanjung Palas pada 7 November 1955.

Baca Juga :  RSUD JSK Bakal Gelar Forum Konsultasi Publik

“Perlu diketahui bersama, nama Rumah Sakit Tingkat IV Abdul Rais FatahTanjung Selor Kesdam VI/Mulawarman diambil dari putra terbaik Bulungan,” katanya, Jumat (9/2/2024)

“Pemberian nama ini juga sudah kita sampaikan ke Menteri Pertahanan (Menhan) dan Pangdam akhirnya disetujui dan Abdul Rais Fatah ini juga termasuk veteran,” katanya lagi.

Adapun nama ayah dari Abdul Rais Fatah adalah Abdul Fatah dan Ibunya bernama Rugaeyah. Serda (Anm) Abdul Rais Fatah gugur di medan pertempuran saat kontak tembak dengan GPK di Timor Timur pada tanggal 25 Oktober 1977.

Baca Juga :  DPKP Kaltara Upayakan Permintaan Bantuan Pertanian Terpenuhi Tahun Ini

Almarhum Serda (Anm) Abdul Rais Fatah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Dili (Timor Timur) pada tanggal 26 Oktober 1977, dan pada Tahun 1981 jenazahnya dipindahkan dari Dili (Timor Timur) ke Taman Makam Pahlawan Telabang Bangsa Tanjung Selor.

“Nama Rumah Sakit ini sangat pantas diberikan karena Serda (Anm) Abdul Rais Fatah merupakan putra terbaik Bulungan yang rela mengorbankan dirinya demi Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga :  Usulan CASN Kaltara Sudah Masuk ke Kemenpan RB, Jumlahnya 1.468 Formasi

hanya itu Candra juga menyebutkan Rumah Sakit Tingkat IV Abdul Rais Fatah Tanjung Selor Kesdam VI/Mulawarman ini dibangun dilokasi lahan tanah milik Korem 092/Maharajalila seluas 8.919 M2, dengan bangunan berlantai 2 yang dilengkapi dengan. Fasilitas Utama, yakni instalasi rawat jalan, instalasi bersalin, 4 poli klinik, 2 ruang operasi, 2 ruang vip, ruang perawatan, medical check up, laboratorium, radiologi, pemulasaran. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *