Polres Malinau Warning Penyebar Hoax dan Ujaran Kebencian 

benuanta.co.id, MALINAU – Jelang pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 yang sudah semakin dekat, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, kembali menghimbau seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Malinau untuk mewaspadai berita palsu atau hoax.

Himbauan ini disampaikannya sebagai upaya menciptakan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif selama pelaksanaan Pemilu serta agar masyarakat lebih selektif menerima informasi melalui Media Sosial (Medsos).

Kapolres Malinau yang akrab disapa Heru menjelaskan, panasnya tensi dalam Pemilu tidak terlepas dari serangan melalui platform Media Sosial yang dinilai sebagai salah satu potensi kerawanan saat berlangsungnya tahapan Pemilu.

Baca Juga :  Kegiatan Sambang Upaya Ditbinmas Polda Kaltara Menciptakan Kamtibmas

“Kita perlu bersama-sama menciptakan pesta demokrasi yang aman, damai dan kondusif. Tentu juga melalui Media Sosial itu paling cepat beredarnya berbagai informasi yang akan mengundang berbagai opini, untuk itu Media Sosial ini merupakan satu dari sekian prioritas dalam menjaga kondusifitas daerah jelang Pemilu,” jelas Kapolres Malinau pada Kamis, 8 Februari 2024.

Dalam mengamankan Pemilu di Malinau ia menegaskan, komitmen pihak Kepolisian dalam meningkatkan koordinasi dengan penyelenggara Pemilu untuk mengawasi dan memantau aktivitas di medsos guna mencegah penyebaran konten yang berpotensi memicu konflik sosial.

Baca Juga :  Kegiatan Sambang Upaya Ditbinmas Polda Kaltara Menciptakan Kamtibmas

“Kita sangat tegas dalam menghadapi pelanggaran Pemilu dan upaya ujaran-ujaran kebencian yang bisa memecah belah kondisi persatuan masyarakat dan kita siap menegakkan aturan itu,” tegasnya.

Ia menambahkan langkah-langkah preventif ini diambil untuk memastikan proses tahapan Pemilu berjalan dengan lancar dan aman serta untuk menjaga keamanan dan stabilitas Kamtibmas di Kabupaten Malinau menjelang puncak Pemilu 2024.

“Sejauh ini kami dari Polres Malinau telah memantapkan persiapan pengamanan menghadapi Pemilu 2024. Termasuk koordinasi dengan stakeholder terkait untuk memastikan Pemilu 2024 berlangsung aman, lancar dan damai,” lanjutnya.

Baca Juga :  Kegiatan Sambang Upaya Ditbinmas Polda Kaltara Menciptakan Kamtibmas

“Makanya saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Malinau untuk tidak terpancing oleh informasi yang belum jelas kebenarannya. Mari kita jaga keamanan dan ketertiban bersama di Bumi Intimung ini. Semoga rangkaian tahapan Pemilu 2024 kali ini bisa berjalan dengan aman, damai, kondusif dan lancar,” pungkasnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *