Pemprov Kaltara Targetkan Pertumbuhan Ekonomi 6,01 Persen

benuanta.co.id, Bulungan – Pertumbuhan ekonomi menjadi fokus penting bagi sebuah provinsi untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan yang lebih baik bagi masyarakatnya. Seperti di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), tahun 2023 pertumbuhan ekonomi tidak mencapai target yang telah ditetapkan yakni 5,6 persen.

Menurut Sekretaris Daerah Provinsi Kaltara, Suriansyah mengatakan hasil perhitungan realisasi oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda Litbang) dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kaltara hanya mencapai angka 4,94 persen.

“Artinya di bawah target kita, tapi kita tetap bersyukur karena angka pertumbuhan ekonomi Kaltara masih berada di urutan kedua terbesar se-Pulau Kalimantan setelah Provinsi Kalimantan Timur,” ucap Suriansyah.

Baca Juga :  Bulog Pusat Salurkan Bantuan Pangan Serentak di Tarakan

“Saya melihat masih cukup baik pertumbuhan ekonomi kita, mudah-mudahan semakin hari semakin membaik,” sambungnya.

Kata dia, untuk tahun 2024, Provinsi Kaltara masih tetap memasang target yang lebih tinggi, yakni sebesar 6,01 persen untuk pertumbuhan ekonominya.

“Untuk itu kita akan bedah kembali yang mana item-item atau bidang yang menjadi kendala sehingga tidak tercapainya target yang kita harapkan tersebut,” tuturnya.

Baca Juga :  Telkomsel Bersama Singtel Hadirkan Orchestration Platform 5G dan Edge Cloud Computing Pertama di Indonesia

Salah satu pembanding yang digunakan untuk memasang target yang lebih tinggi adalah konsumsi masyarakat, pemakaian alat rumah tangga, dan konstruksi.

Sementara itu, Kepala BPS Kaltara, Mas’ud Rifai, menyatakan bahwa target ini telah dirancang dalam RPJMD, namun harus tetap dilakukan analisis terkait item-item atau bidang yang menjadi kendala dalam pencapaian target tersebut.

“Namun, jika terdapat perubahan kondisi lingkungan atau faktor lainnya, perlu ada perubahan rencana agar target dapat tercapai sesuai rencana yang sudah disusun,” terang Mas’ud.

Baca Juga :  Pemkot akan Laksanakan Pasar Murah 6 Maret, Sebut Ribuan Ton Beras Menuju Tarakan 

Pemangku kepentingan seperti Pemprov Kaltara dan BPS Kaltara perlu melakukan analisis terkait kendala dalam pencapaian target pertumbuhan ekonomi Provinsi Kaltara.

Dengan melakukan analisis ini, diharapkan target pertumbuhan ekonomi yang diusung oleh Provinsi Kaltara dapat tercapai dengan baik dan memberikan dampak positif bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakatnya.(*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *