Korea Selatan Butuh Perpanjangan Waktu untuk Kalahkan Australia 2-1

Jakarta- Korea Selatan membutuhkan perpanjangan waktu untuk mengalahkan Australia dengan skor 2-1 dan sekaligus maju ke semifinal Piala Asia 2023.

Laga perempat final antara Korea Selatan kontra Au​​stralia ini digelar di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Qatar, Jumat waktu setempat atau Sabtu dini hari WIB.

Korea mendominasi permainan sejak babak pertama dimulai hingga membuat membuat Australia kesulitan untuk membangun serangan.
Australia yang mengandalkan serangan balik justru mendapatkan peluang emas pada menit ke-19. Namun eksekusi Conor Metcalfe dari bola pantulan hanya berada tipis di samping gawang.
Korea sempat mencetak gol menit ke-32. Umpan Seol Young-woo bisa disontek Hwang Hee-chan di depan gawang. Namun, wasit asal Oman Ahmed Abu Bakar menganulir gol tersebut karena sang pemain sudah berada dalam posisi offside saat menerima bola.
Australia justru bisa mencuri gol di akhir babak pertama, berawal dari kesalahan yang dilakukan Hwang In-beom, Craig Goodwin berhasil membawa timnya unggul 1-0 atas Korea Selatan.

Baca Juga :  Van Dijk antar Liverpool juarai Piala Liga Inggris
Pertandingan berlangsung lebih berimbang di babak kedua. Korea tidak lagi mendominasi ritme pertandingan.
Dua peluang emas bahkan didapat Australia melalui Martin Boyle. Tetapi dua peluang itu bisa dimentahkan oleh kiper Jo Hyeon-woo pada menit ke-53.
Pada menit ke-60 giliran Korea yang mengancam. Hanya saja upaya dari Hwang Hee-chan masih bisa diamankan Mathem Ryan.
Saat kemenangan sudah terlihat di depan mata, Australia justru mendapat hukuman penalti setelah Lewis Miller melanggar Son Heung-min pada menit ke-90+4.
Hee-chan maju sebagai eksekutor dan sukses menjalankan tugas untuk membuat skor jadi 1-1 sehingga laga harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.
Korea akhirnya bisa membalikkan keadaan pada menit ke-104. Tendangan bebas berkelas Son di dekat kotak penalti gagal dihentikan Mathew Ryan. Kedudukan menjadi 2-1.
Australia yang berupaya mencetak gol penyama kedudukan justru berada di situasi yang semakin sulit. Mereka harus bermain dengan 10 orang karena Aiden O’Neill dikartu merah wasit setelah melanggar Hee-chan saat perebutan bola.
Unggul jumlah pemain dimanfaatkan Korea untuk memperbesar keunggulan, tetapi sejumlah peluang mereka tidak membuahkan gol hingga berakhirnya babak kedua perpanjangan waktu.
Dengan hasil ini, Korea Selatan dipastikan akan menghadapi Jordania di babak Semifinal yang dijadwalkan berlangsung pada Selasa (6/2) malam WIB.
Jordania sendiri berhasil mengamankan tiket semifinal setelah menang tipis 1-0 atas Tajikistan.
Sumber : Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *