Nyatakan Sikap Netral Polri pada Pemilu 2024 

benuanta.co.id, Bulungan – Menjelang pemilihan umum, pihak keamanan selalu berupaya untuk memastikan bahwa pemilu berlangsung dengan aman dan lancar.

Salah satu tindakan yang diambil adalah dengan mengamankan pemilu sesuai instruksi dari Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Seperti yang dilakukan oleh Polda Kaltara dengan mengeluarkan surat telegram bagi anggotanya mengenai sikap yang harus diambil agar betul-betul netral dalam pemilu.

Baca Juga :  21 Atlet Judo Polda Kaltara Ikuti Kejuaraan Nasional Judo Kapolri Cup 2024

“Meskipun keluarga atau saudara dari anggota polisi berpartisipasi dalam pemilu, sebagai anggota Polri, mereka tetap harus fokus pada tugas dan tanggung jawabnya yang netral,” ucap Kapolda Kaltara, Irjen Pol Daniel Adityajaya.

Dirinya bahkan menegaskan bahwa setiap anggota Polri dilarang terlibat dalam politik praktis. Jika ada yang dilanggar, maka akan diproses secara hukum baik pidana, kode etik, maupun disiplin.

Baca Juga :  Pelepasan Tim Karate Polda Kaltara untuk Kejuaraan Karate Kapolri Cup 2024

“Jika didapatkan melanggar akan diproses hukum,” ujarnya.

Kata dia, dalam upaya memantau setiap tindak pidana pemilu, Polda Kaltara telah menjalin kerjasama dengan Bawaslu dan Kejaksaan. Selain itu, Polda Kaltara bersama unsur TNI juga akan melaksanakan pengamanan agar pemilu berlangsung dengan aman dan lancar.

“Mari kita bersama-sama menjaga pemilu yang aman, damai, dan sukses,” pungkasnya. (*) 

Baca Juga :  Wakapolda Kaltara Pimpin Upacara Pembukaan Pendidikan Bintara Polri Gelombang II

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2633 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *