Banyak APK Rusak, Polisi Gencarkan Patroli

benuanta.co.id, TARAKAN – Pihak kepolisian turut andil dalam mengawasi baliho atau Alat Peraga Kampanye (APK) banyak ditemukan rusak di berbagai titik yang ada di Tarakan.

Kapolres Tarakan, AKBP Ronaldo Maradona mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Bawaslu dan menggencarkan patroli guna meminimalisir adanya kerusakan lanjutan terhadap baliho caleg.

“Sejauh ini belum ada laporan resmi yang masuk. Tapi banyak melalui media sosial terkait APK rusak,” katanya, Sabtu (27/1/2024).

Baca Juga :  Pemkot Bakal Alokasikan Rp 10 Miliar untuk PJU di Tarakan

Ia melanjutkan, telah menerjunkan personelnya untuk meningkatkan patroli dari sore hingga malam hari dengan melintas di beberapa titik pemasangan APK. Pihaknya juga menganalisis bahwa kemungkinan APK dirusak oleh oknum yang tak bertanggungjawab pada malam hari.

“Karena siang hari aktivitas di titik terpasangnya APK cukup banyak, sehingga tidak mungkin para pelaku melakukan pada siang hari,” sambung Kapolres.

Baca Juga :  KPU Tegaskan Pleno Rekapitulasi Harus Selesai Tepat Waktu

Kendati marak APK yang rusak, ia berharap agar peserta pemilu tak terprovokasi. Sehingga pelaksanaan pesta demokrasi bisa sejuk dan tetap saling menghargai.

“Begitu juga dengan masyarakat, harus mengikuti aturan Pemilu ini. Semua aturan harus diikuti supaya tidak ada pelanggaran,” tuturnya.

Tak segan, Kapolres menegaskan akan menindak jika terdapat oknum yang sengaja melakukan pengerusakan APK. Apalagi terdapat bukti kuat dari dugaan tersebut. Ia juga mengharapkan keaktifan masyarakat untuk melapor jika mendapati oknum tersebut.

Baca Juga :  TPA Aki Babu Jadi Taman Kota, Pemkot Tarakan Kucurkan Rp 20 Miliar untuk TPAS Baru

“Supaya kami bisa mengidentifikasi pelaku ini. Seperti pelanggaran lain politik uang misalnya, kita juga gencar melakukan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat, untuk menghindari politik uang,” pungkas perwira melati dua itu. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *