Ribuan KPPS di Nunukan Dilantik KPU

benuanta.co.id, NUNUKAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) se Indonesia melantik Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pemilu 2024, termasuk di Kabupaten Nunukan yang berlangsung pada 25 Januari 2024 secara serentak.

Komisioner Divisi Parmas dan SDM, KPU Nunukan, Muhammad Rusli mengatakan KPPS yang dilantik hari ini berasal dari 4 kelurahan 1 desa, yakni Kelurahan Nunukan Timur, Barat, Tengah dan Utara serta Desa Binusan. Setelah dilantik, peran tugas selanjutnya melaksanakan bimtek secara berjenjang yang nanti diatur Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Baca Juga :  Demokrat Resmi Usung Pasangan SAH Maju Pilkada KTT 2024

“Lebih 5.000 orang KPPS di Kabupaten Nunukan, sedangkan yang ada di Nunukan ini lebih 1000 orang yang dilantik di gedung olahraga,” kata Rusli kepada benuanta.co.id.

Dia juga meminta kepada KPPS yang telah dilantik harus bekerja dengan baik menjaga integritas dan menjadikan tugas serta mampu menjalankan aplikasi.

“Harus ada yang bisa menjalankan aplikasi seperti sirekap, ini yang kami tekankan ke pada KPPS di Nunukan,” jelasnya.

Lanjutannya, hingga KPPS 1 hingga KPPS 7 harus paham dan bisa menjalankan tugasnya, agar saat penghitungan tidak begadang.

Baca Juga :  Gibran Sebut Belum Ada Kepastian Pemangkasan Anggaran Makan Bergizi

Sementara itu, Ketua KPPS 33 Nunukan Tengah, Yuliana menyampaikan sesuai jadwal telah dilantik oleh KPU dan akan menjalankan tugas dan juga akan mengikuti bimtek. Sebelum dilantik pihaknya telah melaksanakan pra bimtek yang langsung difasilitasi oleh kelurahan tiga hari sebelumnya.

“Semua KPPS hadir saat itu dan paham, sehingga nantinya tidak ada kendala lagi,” jelasnya.

Dia juga optimis tidak sampai pagi merekap penghitungan suara, dia prediksi jam 2 hingga 3 telah selesai dikerjakan, karena tahu ini ada kemudahan jadi salinan C tidak lagi perlu ditulis tangan, tapi boleh difoto copy dengan scanner dan diprint.

Baca Juga :  Bawaslu Berau Antisipasi Kerawanan Pilkada, Ini Masalah yang Diantisipasi

“Saya berharap kegiatan pemilu 2024 yang menghitung hari ini, berjalan dengan lancar dan tidak ada permasalahan yang dihadapi,” terangnya. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2636 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *