Penuhi Kebutuhan Atlet Jelang PON, KONI Kaltara Bentuk Tim Satgas

benuanta.co.id, TARAKAN – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalimantan Utara (Kaltara) akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) 2024. Nantinya Satgas PON akan fokus terhadap kebutuhan atlet saat latihan hingga pelaksanaan PON mendatang.

Ketua KONI Kaltara, Muhammad Nasir mengatakan, pembentukan Satgas PON ini adalah sebuah komitmen dari pihaknya untuk memenuhi kebutuhan atlet dan cabor.

Nantinya, pelatihan daerah (pelatda) maupun Training Center (TC) bagi cabor yang lolos ke PON juga akan dipantau secara intens oleh Tim Satgas.

Baca Juga :  Masyarakat Apresiasi Program Bantuan Listrik Gratis dari Pemprov Kaltara

“Kita telah berkomitmen untuk mengupayakan terpenuhinya kebutuhan sesuai time line. Seperti TC, try out dan lain-lainnya,” katanya, Selasa (16/1/2024).

Ia melanjutkan pun dengan kebutuhan peralatan cabor dan juga venue latihan akan menjadi tugas dari Tim Satgas.

“Fungsinya dan seksinya Tim satgas tetap untuk PON. Seksi lainnya juga akan dikolaborasi secara proporsional dengan bidang yang berkaitan sesuai KONI Kaltara dan Dispora,” beber Nasir.

Tak hanya membentuk Tim Satgas, pihaknya juga akan membentuk Program Peningkatan Prestasi Atlet (PPPA). P3A nantinya lebih fokus menangani pembinaan dan prestasi atlet. Selain itu, pelatih cabor sisi teknis olahraga, guna mematangkan persiapan para atlet.

Baca Juga :  Real Madrid Kokoh di Puncak Klasemen Setelah Tekuk Sevilla 1-0

“Tim PPPA nanti bertanggungjawab sebagai barometer atlet di awal TC dan pengujian secara periodik. Selanjutnya dalam TC untuk mengetahui keberhasilan capaian di lapangan terhadap rencana sesuai PPPA yang telah disepakati,” jelas Nasir.

KONI Kaltara juga akan membentuk Tim Registrasi, keabsahan dan IT PON yang melibatkan instansi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kaltara. Tim ini dinilai penting lantaran untuk mempersiapkan data atlet. Jika data tidak disiapkan, Kaltara terancam tidak mengikutsertakan atletnya ke PON.

Baca Juga :  Trigol Dybala Menangkan AS Roma, Fiorentina Tekuk Lazio

Karena itu, ia meminta cabang olahraga yang telah meloloskan atletnya ke PON, dapat mempersiapkan data. Seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan kartu keluarga.

“Kita berharap seluruh cabang olahraga agar terus meningkatkan prestasi atlet, baik yang lolos PON maupun yang tidak,” tandasnya.

Diharapkan bagi KONI Kabupaten Kota untuk dapat bekerjasama dan memantau progres peningkatan prestasi atlet bersama tim yang dibentuk KONI Kaltara.(*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *