Penuhi Kebutuhan Atlet Jelang PON, KONI Kaltara Bentuk Tim Satgas

benuanta.co.id, TARAKAN – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalimantan Utara (Kaltara) akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) 2024. Nantinya Satgas PON akan fokus terhadap kebutuhan atlet saat latihan hingga pelaksanaan PON mendatang.

Ketua KONI Kaltara, Muhammad Nasir mengatakan, pembentukan Satgas PON ini adalah sebuah komitmen dari pihaknya untuk memenuhi kebutuhan atlet dan cabor.

Nantinya, pelatihan daerah (pelatda) maupun Training Center (TC) bagi cabor yang lolos ke PON juga akan dipantau secara intens oleh Tim Satgas.

“Kita telah berkomitmen untuk mengupayakan terpenuhinya kebutuhan sesuai time line. Seperti TC, try out dan lain-lainnya,” katanya, Selasa (16/1/2024).

Baca Juga :  Pemprov Kaltara Harap Dukungan Swasta untuk Pengembangan Produk TTG

Ia melanjutkan pun dengan kebutuhan peralatan cabor dan juga venue latihan akan menjadi tugas dari Tim Satgas.

“Fungsinya dan seksinya Tim satgas tetap untuk PON. Seksi lainnya juga akan dikolaborasi secara proporsional dengan bidang yang berkaitan sesuai KONI Kaltara dan Dispora,” beber Nasir.

Tak hanya membentuk Tim Satgas, pihaknya juga akan membentuk Program Peningkatan Prestasi Atlet (PPPA). P3A nantinya lebih fokus menangani pembinaan dan prestasi atlet. Selain itu, pelatih cabor sisi teknis olahraga, guna mematangkan persiapan para atlet.

Baca Juga :  Myanmar Ditahan Imbang Laos, Australia Dipastikan Juara Grup B

“Tim PPPA nanti bertanggungjawab sebagai barometer atlet di awal TC dan pengujian secara periodik. Selanjutnya dalam TC untuk mengetahui keberhasilan capaian di lapangan terhadap rencana sesuai PPPA yang telah disepakati,” jelas Nasir.

KONI Kaltara juga akan membentuk Tim Registrasi, keabsahan dan IT PON yang melibatkan instansi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kaltara. Tim ini dinilai penting lantaran untuk mempersiapkan data atlet. Jika data tidak disiapkan, Kaltara terancam tidak mengikutsertakan atletnya ke PON.

Karena itu, ia meminta cabang olahraga yang telah meloloskan atletnya ke PON, dapat mempersiapkan data. Seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan kartu keluarga.

Baca Juga :  Gubernur Dukung dan Restui PWI Kaltara Mengikuti Porwanas 2024 di Banjarmasin

“Kita berharap seluruh cabang olahraga agar terus meningkatkan prestasi atlet, baik yang lolos PON maupun yang tidak,” tandasnya.

Diharapkan bagi KONI Kabupaten Kota untuk dapat bekerjasama dan memantau progres peningkatan prestasi atlet bersama tim yang dibentuk KONI Kaltara.(*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2679 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *