Sambungan Listrik Gratis, Warga Desa Tanjung Buka Apresiasi Gubernur Zainal 

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Bantuan sambungan listrik gratis menyasar masyarakat di Desa Tanjung Buka, Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan.

Gubernur Kalimantan Utara Drs. H. Zainal A. Paliwang mengatakan, Desa Tanjung Buka merupakan salah satu desa di Kaltara yang mengalami masalah energi. Mengingat desa ini sejak lama tidak memiliki energi listrik dan sambungan listrik. Sehingga untuk membantu masyarakatnya Pemprov Kaltara hadir untuk memberikan sambungan listrik secara gratis.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1996 votes

“Kita sudah bekerja sama dengan Kementrian ESDM dan pihak PLN, untuk menyediakan energi listrik yang mana di sini Pemprov Kaltara berperan untuk membantu masyarakat menyediakan sambungan listriknya dan alhamdulilah perlahan desa ini sudah dapat hidup dengan aliran listrik,” kata Gubernur yang akrab disapa Paliwang, Sabtu (6/1).

Baca Juga :  Usulan CASN Pemprov Kaltara Disetujui 

Ia mengungkapkan bantuan sambungan listrik ini, murni menggunakan APBD Pemprov Kaltara. Di mana tahun ini Pemprov Kaltara memberikan 300 sambungan listrik kepada masyarakat yang menyebar secara merata keseluruh daerah Kaltara.

“Ada di desa ini (Tanjung Buka), di Kota Tarakan, Nunukan dan lainnya kita memberikan bantuan listrik sesuai dengan data terpadu untuk mengatasi kemiskinan ekstrem masyarakat,” lanjutnya lagi.

Baca Juga :  Jelang Pilkada, Kabinda Kaltara Beberkan Potensi Besar Hoaks

“Dan kita secara aktif memberikan bantuan ini setiap tahunnya. Karena pada tahub 2020 kita sudah mengalokasikan bantuan kepada 85 Kepala Keluarga (KK) penerima bantuan. Pada 2021 sebanyak 150 (KK), tahun 2022 sebanyak 50 (KK) dan tahun 2023 sebanyak 300 KK,” ungkapnya.

Ditahun 2024 ini, Paliwang sapaannya menargetkan untuk dapat meningkatkam kouta bantuan sambungan listrik kepada masyarakat sekitar 500 hingga 1000 bantuan sambungan listrik gratis.

“Makanya kita berupaya meningkatkan PAD kita agar bantuan seperti ini bisa terus ditingkatkan dan satu sambungannya ini berdaya 4 ampere per-KK dan semuanya berasal dari APBD Kaltara,” tegasnya.

Baca Juga :  Sosek Malindo Bertujuan Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat di Wilayah Perbatasan

Sementara itu, Eko yang merupakan salah satu masyarakat Desa Tanjung Buka mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh Gubernur Kaltara. Bantuan ini sangat berdampat positif bagi kehidupan masyarakat Desa Tanjung Buka.

“Tentunya kita sangat bersyukur karena bantuan ini tidak hanya memberikan kita penerangan tapi juga memberikan kehidupan dalam menjalani roda perekonomian masyarakat dan tentu kita berharap agar bantuan seperti ini bisa kembali dirasakan oleh desa kita,” pungkasnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *