ZAP dan Tiga Kepala Daerah Lainnya di Tren Favorit

benuanta.co.id, TARAKAN – Poling Menuju Pilkada 2024 dari berabagai kalangan pembaca benuanta.co.id selama 2023 masih menempatkan beberapa kepala daerah di tren yang terbilang favorit. Salah satunya Zainal Arifin Paliwang (ZAP) yang bisa dipercaya kembali melaju di Pilgub 2024 Kaltara.

Hasil poling yang diterima benuanta.co.id sejak beberapa bulan belakangan ini menunjukan konsistensi pemilih terhadap kepala daerah yang masih dianggap mampu melanjutkan periode jabatan. Kepala daerah yang masih dipercaya pembaca untuk kembali memimpin tersebut yakni, Zainal A Paliwang sebagai Gubernur Kaltara, dr Khairul Walikota Tarakan, Syarwani Bupati Bulungan, dan Ibrahim Ali Bupati Tana Tidung. Sementara Wempi W Mawa Bupati Malinau yang masih dijagokan melaju diperiode kedua, dibayangi nama Ingkong Ala yang juga diisukan maju ke Pilbup Malinau akan datang. Di Nunukan, ada nama Iwan Sabri yang memiliki presentase mengungguli dua nama lainnya.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1942 votes

Sosok ZAP yang dianggap merakyat dan terus berbenah membawa perubahan bagi Kaltara ini kembali dijagokan pembaca maju sebagai Calon Gubernur (Cagub) pada Pilkada 2024 ini. Hal itu tak lain dari hasil Poling Menuju Pilkada 2024, menunjukan presentase cukup tinggi, yakni 44 persen dari 1,611 voters. Sementara tiga Cagub lain masing-masing mengumpulkan 23 dan 10 persen.

ZAP yang selalu dianggap merakyat, bukan tanpa sebab. Pria yang gemar berolahraga ini selalu hadir di berbagai lapisan masyarakat. Kehadirannya, bukan sekedar bencengkramah namun juga sambil menyerap aspirasi warganya yang membutuhkan perubahan. Saking seringnya bersama warga, ZAP mulai memfokuskan pembangunan yang tepat bagi warga Kaltara.

Baca Juga :  Perindo Berau Pilih Berkoalisi dengan Incumbent di Pilkada 2024

Bersama Yansen TP, keduanya membawa misi mewujudkan Kaltara berubah maju dan sejahtera. Hal itu dibuktikan dengan berbagai prestasi penghargaan dari pemerintah pusat, dan pembangunan yang telah berjalan salama keduanya memimpin. Diawali dengan membangun kultur bermasyarakat yang aman nyaman dan damai, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara memfokuskan kabupaten/kota di Kaltara sebagai pilar utama pembangunan yang efesien, efektif dan penganggaran daerah yang tepat sasaran dalam bidang kinerja.

Hal itu juga ditopang dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Kaltara yang diinginkan bisa bersaing dengan SDM dari luar Kaltara. Dengan begitu, wajib sekolah 16 tahun pun digalakan ZAP dan YTP (Yansen Tipa Padan) untuk putra – putri Kaltara. Peningkatan kemampuan dan wawasan SDM ini bukan tanpa sebab, Kaltara sebagai salah satu wilayah Proyek Strategis Nasional (PSN) dan kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) diharapkan putra – putri Kaltara ke depannya dapat menguasai seluruh teknologi yang berkembang.

Sejalan dengan itu, pembangunan infrastruktur pun terus digalakan selama 2023 di pedesaan, pedalaman, perbatasan, pesisir, dan perkotaan. Hal itu dilakukan tak lain untuk mendukung mobilitas untuk pemerataan pembangunan dan ekonomi daerah.

Selain menjalankan program pembangunan, selama dipimpin ZAP dan YTP Provinsi Kaltara beberapa kali diganjar penghargaan sepanjang 2023. Melalui berbagai penghargaan ini, Provinsi Kaltara membuktikan diri sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang patut diperhitungkan dalam berbagai segi. Sejauh ini, terhitung sudah ada 26 penghargaan yang diraih Provinsi Kaltara.

Baca Juga :  Pusaka Kaltara Dukungan ZAP Dua Periode di Pilkada 2024

Sementara itu, di Poling Pilwali Tarakan nama dr Khairul masih konsisten dengan meraih 44 persen dari 1,548 voters. dr Khairul unggul 20 persenan dari 5 calon lainnya. Raihan presentase ini juga ditunjang dengan berbagai kinerja yang diwujudkan Pemkot Tarakan yang diawaki dr Khairul dan jajarannya. Selama 2023, Pemkot Tarakan menggiatkan pembangunan fisik serta fasilitas penunjang lainnya. Meskii tema Smart City yang dibawa dr Khairul terkesan melempem di awal kepemimpinannya, namun seiring waktu smart city menjadi suatu hal yang berfungsi menarik berbagai pendapatan untuk daerah. Salah satunya Tarakan kini memiliki jaringan fiber optik mandiri, dan sistem adminsitrasi terintegrasi menggunakan jaringan yang dikendalikan Perumda milik Pemkot Tarakan.

Bergeser ke Kabupaten Bulungan, nama Bupati Syarwani ditempel ketat Datu Iman Suramenggala masing – masing mengumpulkan 36 dan 35 persen. Presentase keduanya didapatkan dari 1,332 voters pembaca Bulungan. Keduanya unggul 20 hingga 30 persen dari beberapa nama yang juga dijagokan maju di Pilbup Bulungan.

Terkait Bupati Syarwani, pria ramah yang akrab dengan warganya ini di 2023 berperan langsung dalam berbagai pembangunan fisik maupun SDM di Bulungan. Meski berdampingan dengan Pemprov Kaltara, Syarwani terus melakukan pembenahan dan mendorong berbagai sektor penting dalam kemajuan Kabupaten Bulungan. Salah satunya mendorong pendidikan kepada putra – putri di Kabupaten Bulungan, serta menguatkan putra – putri Kabupaten Bulungan berprestasi baik di luar maupun di dalam daerah.

Baca Juga :  Ustaz Naspi Ambil Formulir Demokrat Berau

Selanjutnya dari Kabupaten Tana Tidung (KTT), Ibrahim Ali meraup 39 persen dari 1,393 voters dari Tana Tidung. Adapun di bawahnya, nama Syahrul masih menjadi bayang-bayang dengan raihan 12 persen atau 169 voters. Selama 2023, Ibrahim Ali terus menggalakan pembangunan dan perbaikan akses jalan di KTT. Teranyar, Ibrahim Ali akan memfokuskan pada pembangunan pusat pemerintahan Pemkab Tana Tidung.

Berlanjut ke Kabupaten Malinau, nama Ingkong Ala berhasil melewati presentase Wempi W Mawa dengan raihan 34 persen dari 1,217 voters. Sementara Bupati Wempi tertahan di posisi kedua dengan presentase 28 persen. Begitu juga dengan Kabupaten Nunukan, sepeninggalan Bupati Laura yang akan menyelesaikan tugasnya dua periode sebagai Bupati Nunukan nanti, nama Irwan Sabri melesat ke posisi atas poling dengan meraih 49 persen dari 1,194 voters. Sementara di posisi kedua ada nama Andi Muhammad Akbar dengan 27 persen.

Poling Menuju Pilkada 2024 ini merupakan hasil dari pilihan pembaca setia benuanta.co.id. Anda dapat memberikan pilihan kepada calon kepala daerah Anda dengan cara klik salah satu bakal calon yang Anda inginkan di website benuanta.co.id. Caranya mudah, hanya dengan buka link berita atau www.benuanta.co.id lalu pada bagian bawah pada handpohone Anda ada berbagai pilihan untuk Poling Menuju Pilkada 2024. (*)

Editor : Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *