Logistik Tahap Akhir Selesai, KPU Berau Butuh Petugas Lipat Surat Suara

benuanta.co.id, BERAU – Logistik Pemilu 2024 tiba di Gedung Graha Pemuda, Tanjung Redeb, Selasa (2/1/2024). Pendistribusian tersebut merupakan tahap akhir yang dilakukan KPU didampingi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Berau.

Sebanyak 4.061 kotak suara dan 196.063 surat suara telah tiba dengan dikawal ketat oleh personel pengamanan dari Polres Berau.

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Berau, Debi Asmara pendistribusian surat suara ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kecamatan-kecamatan terjauh akan dilakukan pada H-3 menjelang hari pencoblosan. Sementara untuk kecamatan terdekat, distribusi akan dilakukan H-1.

“Hari ini adalah proses pendistribusian yang terakhir. Adapun yang sudah tiba hari ini adalah surat suara untuk pemilihan DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi dan DPRD RI. Untuk surat suara pemilihan Presiden, sudah lebih dulu tiba pada pendistribusian pertama. Dan untuk total surat suara itu juga sudah termasuk 2 persen cadangan,” ungkapnya Selasa (2/1/2024).

Baca Juga :  Sah! Keputusan Bawaslu RI Nyatakan Muhammad Rais Tidak Melanggar Administrasi Pemilu

Lanjut Debi, setelah pendistribusian tahap akhir selesai, akan langsung dilakukan proses pelipatan surat suara. Pihaknya pun telah menyiapkan petugas untuk pelipatan surat suara tersebut.

“Kami sudah mengumpulkan petugas untuk melipat surat suara, targetnya 100 orang. Tapi sampai hari ini baru ada 55 orang yang mendaftar. Dan masih kami buka bagi masyarakat umum yang mau bergabung. Estimasi pelipatan surat suara kalau tidak ada kendala akan mulai dilakukan besok (Rabu),” ucapnya.

Baca Juga :  PGPI Kaltara Dukung Zainal-Ingkong ke Pilgub Kaltara

Adapun persyaratan untuk menjadi petugas lipat surat suara, kata dia adalah masyarakat yang tidak terafiliasi dengan partai politik manapun untuk menjaga keamanan serta netralitas dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Bagi masyarakat yang mau ikut bergabung melipat surat suara, silahkan langsung mendaftarkan diri ke KPU. Kami masih membuka pendaftaran. Untuk informasi selengkapnya bisa kunjungi sosial media KPU Berau,” ujarnya.

Baca Juga :  DPD Hanura Kaltara Sebut Surat Tugas Bisa Diberikan ke Seluruh Calon Gubernur

Kendati demikian, pihaknya juga akan melakukan pembekalan terhadap petugas lipat surat suara tersebut sebelumnya.

“Insyaallah sore ini akan kami bekali dulu petugas lipat surat suara ini sebelum melakukan tugasnya,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2963 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *