Jelang Pergantian Tahun, Polres Tarakan Awasi Aktivitas Masyarakat

benuanta.co.id, TARAKAN – Jelang pergantian tahun, Kapolres Tarakan melakukan antisipasi terhadap situasi kamtibmas di Kota Tarakan. Di antaranya mengantisipasi terjadinya konvoi, ugal-ugalan di jalanan, bermain petasan dan menghargai serta toleransi ke sesama.

“Pada intinya ayo kita rayakan pergantian tahun ini dengan hal-hal yang baik. Tetap jaga keamanan dan ketertiban jadi semua merayakan pergantian tahun dengan nyaman,” sebut Kapolres Tarakan, AKBP Ronaldo Maradona saat dikonfirmasi, Jumat (29/12/2023).

Menyoal permainan petasan sendiri, Kapolres menyebut terdapat aturan dalam bermain petasan. Terdapat larangan bagi ukuran petasan tertentu dan hanya boleh digunakan untuk kalangan tertentu. Seperti petasan dengan diameter di atas 2 inci.

Baca Juga :  Diduga 7 Orang Nyoblos Dua Kali, Bawaslu Tarakan Usul Pemungutan Suara Ulang

“Itu ada izinnya. Kemudian untuk yang dibawah standar itu atau yang tidak diatur kita himbau saat digunakan perhatikan keselamatan diri dan orang lain. Jangan sembarangan bermainnya,” tegasnya.

Pihaknya tak segan-segan mengambil tindakan jika terdapat kecelakaan saat bermain petasan. Ia juga berpesan agar masyarakat yang bermain petasan harus pada tempatnya dan menjauhi benda yang mudah terbakar.

Sejauh ini pihak kepolisian juga telah melakukan pengawasan langsung ke lapangan terkait penjualan petasan.

Baca Juga :  Basarnas Tarakan Gelar Simulasi Kecelakaan Pesawat Besok

“Ada akan ada razia nanti. Kita sekarang masih awasi. Kalau tidak ada izinnya pasti kita proses karena ada ketentuan itu,” sambungnya.

Selain itu, pihaknya juga akan mengerahkan anggota untuk melakukan patroli sesering mungkin untuk mencegah adanya konvoi dan ugal-ugalan agar tidak menggangu pengguna jalan lainnya. Himbauan ini juga sudah disebarluaskan sehingga jika ada yang dengan sengaja melanggar akan ditindak tegas.

“Banyak personel kita yang akan diterjunkan pada saat pergantian tahun. Cukup banyak juga titik rawan yang akan kami jaga,” tutur perwira melati dua itu.

Baca Juga :  Dugaan Kecurangan Pemilu, KPU Tunggu Keputusan Bawaslu untuk PSU

Ia juga meminta agar masyarakat dapat menghargai satu sama lainnya. Jika terdapat aturan-aturan daerah yang dilanggar pihaknya akan berkoordinasi dengan Satpol PP untuk mengambil tindakan.

“Tapi harus dijaga juga toleransi sesama tetangga. Ini sama juga seperti perayaan hari-hari besar lainnya. Silahkan dirayakan tapi jangan sampai mengganggu yang lainnya,” pungkas Kapolres. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *